Bulog Cianjur: Semoga Sebelum Ramadan Harga Beras Kembali Normal

Selasa, 20 Februari 2024 – 08:00 WIB
Bulog Cianjur: Semoga Sebelum Ramadan Harga Beras Kembali Normal - JPNN.com Jabar
Potret pedagang beras di pasar tradisional Kota Depok. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Perum Bulog Cianjur menargetkan pada Maret 2024 harga beras khususnya di wilayah Kota/Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat sudah bisa kembali normal atau sebelum memasuki bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah.

"Kami terus berupaya menekan harga beras agar tidak terus naik dan diharapkan pada Maret harganya sudah kembali normal," kata Kepala Kantor Cabang Bulog Cianjur, Renato Horison di lokasi operasi pasar murah beras, di Alun-Alun Palabuhanratu, Senin (19/2).

Menurut Renato, sebenarnya persediaan beras di gudang ada, tetapi jumlahnya sedikit karena minimnya pasokan dampak dari mundurnya masa tanam dan panen akibat kemarau berkepanjangan yang terjadi tiga bulan menjelang pergantian tahun dari 2023 ke 2024.

Selain itu, kenaikan harga beras yang disebabkan akibat faktor cuaca ekstrem dan tidak menentu dan banyak hal lainnya yang dapat menyebabkan terjadinya naiknya harga komoditas pangan utama masyarakat ini.

Maka dari itu, untuk menekan dan menurunkan harga beras agar kembali normal, pihaknya terus melakukan berbagai upaya, seperti salah satunya menggelar operasi pasar murah beras yang bekerjasama dengan Pemkab Sukabumi.

Pada kegiatan yang diselenggarakan di Alun-Alun Palabuhanratu pada Senin ini, Bulog Cianjur menyediakan beras sebanyak 1 ton.

Harga satu paket beras berisi lima kilogram Rp53 ribu, dan satu orang dibatasi pembeliannya hanya 10 kg agar yang lain bisa mendapatkan manfaat dari program subsidi yang bertujuan untuk menekan harga beras dan mengendalikan inflasi.

"Kami berharap sebelum Ramadhan harga beras bisa kembali normal, karena biasanya menjelang bulan suci umat Muslim tersebut permintaan akan meningkat yang dikhawatirkan berdampak kepada naiknya harga beras," ujarnya lagi.

Perum Bulog Cianjur menargetkan pada Maret 2024 harga beras khususnya di wilayah Kota/Kabupaten Sukabumi sudah kembali normal sebelum ramadan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News