Lewat Indonesia's FOLU Net Sink 2030, Pemerintah Fokus Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca di Pulau Jawa

Selasa, 06 Februari 2024 – 15:30 WIB
Lewat Indonesia's FOLU Net Sink 2030, Pemerintah Fokus Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca di Pulau Jawa - JPNN.com Jabar
Potret kegiatan Kick Off sekaligus Sosialisasi Rencana Operasional Indonesia's FOLU Net Sink 2030 di Pulau Jawa, yang berlangsung di IPB Convention Center, Kota Bogor. Foto: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI melaksanakan Kick Off sekaligus Sosialisasi Rencana Operasional Indonesia's FOLU Net Sink 2030 di Pulau Jawa, yang berlangsung di IPB Convention Center, Kota Bogor pada Selasa (6/2).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) KLHK, Bambang Hendroyono mengatakan bahwa kegiatan hari ini merupakan bagian dari rangkaian kerja Institusional FOLU Net Sink 2030 yang dimulai sejak 2021.

Bambang juga mengapresiasi jajaran Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat atas responsnya terhadap upaya menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dalam menghadapi dampak perubahan iklim.

"Sosialisasi Indonesia's FOLU Net Sink 2030 merupakan langkah strategis dalam mencapai target penurunan emisi GRK terutama setelah Enhanced NDC pada September 2022," ucapnya kepada wartawan.

Bambang mengungkapkan bahwa Indonesia telah melewati proses panjang sejak Ratifikasi Paris Agreement 2016 dan menetapkan target aksi ketahanan iklim pasca 2020.

Peningkatan target melalui Enhanced NDC khususnya di sektor FOLU memberikan peluang besar untuk mencapai penurunan emisi nasional hingga 60 persen pada 2030.

Bambang menyebut bahwa sektor FOLU Region Jawa menjadi fokus penting dalam rencana operasional, dengan langkah kerja sistematis seperti pencegahan deforestasi, pembangunan hutan tanaman dan perlindungan konservasi keanekaragaman hayati.

Pulau Jawa dengan potensi tinggi untuk kontribusi mitigasi dan peningkatan cadangan karbon membutuhkan langkah-langkah strategis dalam peningkatan tata kelola hutan dan lingkungan yang berkelanjutan.

KLHK sebut Indonesia's FOLU Net Sink 2030 di Pulau Jawa sebagai langkah strategis untuk mencapai target penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News