Pemkab Karawang Fokus Perbaiki Pengelolaan Sampah

Minggu, 04 Februari 2024 – 20:00 WIB
Pemkab Karawang Fokus Perbaiki Pengelolaan Sampah - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Sampah. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KARAWANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang tengah menyiapkan strategi untuk memperbaiki tata kelola sampah yang baik di wilayahnya.

"Pengelolaan sampah ke depan akan segera diperbaiki, supaya tidak lagi menjadi persoalan," kata Bupati Karawang, Aep Syaepuloh, di Karawang, Minggu (4/2).

Ia mengaku beberapa waktu lalu telah mengunjungi Banyumas yang dikenal memiliki tata kelola sampah yang baik.

Tata kelola sampah di wilayah itu menerapkan sistem dari hulu, tengah, hingga hilir. Pengelolaannya juga melibatkan pemerintah dan masyarakat.

Di wilayah Banyumas sudah tidak ada lagi landfill atau tempat pembuangan akhir (TPA) yang beroperasi. Sampahnya dikumpulkan di setiap tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) atau hanggar-hanggar sampah di setiap kecamatan.

"Jadi, sampah yang ada di Banyumas hanya diolah di setiap TPST dan di sebuah Tempat Pemrosesan Akhir Berbasis Lingkungan dan Edukasi (TPA BLE)," katanya.

Kegiatan pengolahan sampahnya itu juga melibatkan puluhan kelompok swadaya masyarakat.

"Itu (pengelolaan sampah di Banyumas) menjadi contoh untuk kami, insyaallah ke depan yang menjadi permasalahan sampah akan terselesaikan dengan bersama-sama seluruh pihak," katanya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang tengah menyiapkan strategi untuk memperbaiki tata kelola sampah yang baik di wilayahnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News