Rp100 Miliar Siap Digelontorkan Bina Marga Kabupaten Bekasi Demi Penanggulangan Bajir

Rabu, 24 Januari 2024 – 07:00 WIB
Rp100 Miliar Siap Digelontorkan Bina Marga Kabupaten Bekasi Demi Penanggulangan Bajir - JPNN.com Jabar
Ilustrasi banjir. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Kabupaten Bekasi mengalokasikan anggaran sebesar Rp100 miliar yang bersumber dari APBD 2024 untuk penanganan banjir melalui program padat karya.

"Kalau pada dinas kami telah dianggarkan Rp100 miliar untuk sejumlah kegiatan," kata Kepala Dinas SDABMBK Kabupaten Bekasi Henri Lincoln.

Dia mengatakan program padat karya tahun ini kembali digulirkan sebagai salah satu upaya penanganan bencana banjir sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Program ini mencakup kegiatan normalisasi saluran air, pembangunan tanggul, perbaikan drainase, pemasangan konstruksi saluran, dan aspek lain dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat di sekitar area pelaksanaan kegiatan.

"Titik banjir memang perlu perhatian penuh serta kekompakan bersama, tidak bisa hanya dari perangkat daerah saja yang melakukan penanganan," katanya.

Henri menyebutkan sejumlah perangkat daerah juga terlibat dalam upaya penanganan bencana banjir di antaranya BPBD dengan bantuan personel dan logistik maupun Disperkimtan yang berwenang melakukan penanganan banjir wilayah perumahan.

"Kalau di kami berupa program pembangunan padat karya, melibatkan warga sekitar sebagai upaya pemberdayaan perekonomian masyarakat," ucap dia.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengakui bahwa beberapa saluran air menjadi penyebab banjir karena kondisi yang kurang baik maupun belum terkoneksi dari sisi distribusi air.

Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Kabupaten Bekasi mengalokasikan anggaran Rp100 miliar untuk penanganan banjir.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News