Waspada Penipuan Phising Mengatasnamakan PosIND, Masyarakat Diminta Hati-hati

Jumat, 19 Januari 2024 – 15:10 WIB
Waspada Penipuan Phising Mengatasnamakan PosIND, Masyarakat Diminta Hati-hati - JPNN.com Jabar
Corporate Secretary Pos Indonesia Tata Sugiarta. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - PosIND meminta masyarakat agar lebih hati-hati dan waspada terhadap penipuan mengatasnamakan Pos Indonesia. Penipuan phising dilakukan dengan menyebarkan pesan singkat mengatasnamakan layanan kiriman Pos Indonesia.

“Kami menghimbau agar masyarakat lebih berhati-hati, jangan mudah percaya jika ada nomor tidak dikenal yang mengirimkan pesan singkat berisi phising,” kata Corporate Secretary Tata Sugiarta dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Jumat (19/1).

Diketahui, phising adalah upaya untuk mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan. Data yang menjadi sasaran phising adalah data pribadi seperti nama, usia, dan alamat. Kemudian data akun seperti username dan password. Lebih dari itu, phising bisa mencuri data finansial seperti informasi kartu kredit, dan rekening.

Menurutnya, kasus penipuan mengatasnamakan Pos Indonesia telah terdeteksi setelah ada laporan masyarakat yang mengeluhkan menerima pesan singkat phising. Pesan tersebut meminta agar penerima mengklik tautan yang menjelaskan tentang kendala kiriman.

Pesan singkat tersebut di antara berbunyi, ‘Saat ini kami tidak dapat melanjutkan pengiriman barang Anda karena alamat yang salah, silahkan periksa alamat di bawah ini…’

“Padahal pesan singkat tersebut bukan dari kami. Kami menduga, pesan tersebut dikirim secara acak kepada siapapun oleh orang tak bertanggung jawab,” ujarnya.

Lebih lanjut, Tata menjelaskan, Pos Indonesia tidak pernah melakukan korespondensi melalui pesan singkat (SMS) dengan customer. Apalagi meminta customer melakukan pengisian data yang bersifat rahasia.

Layanan keluhan pelanggan Pos Indonesia dilakukan melalui customer services di Kantor Pos dan contact center 1500161. Sementara informasi status kiriman dapat dicek melalui website Pos Indonesia.

PosIND meminta masyarakat agar lebih hati-hati dan waspada terhadap penipuan mengatasnamakan Pos Indonesia.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News