Kantong Parkir Truk Tambang di Parungpanjang Bogor Mulai Beroperasi

Kamis, 18 Januari 2024 – 07:00 WIB
Kantong Parkir Truk Tambang di Parungpanjang Bogor Mulai Beroperasi - JPNN.com Jabar
Potret penampakan dari udara pembangunan kantong parkir truk tambang, di wilayah Kabupaten Bogor. Foto: Dok Pemkab Bogor.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pamkab) Bogor mulai mengoperasikan sebagian kantong parkir untuk truk atau angkutan khusus tambang yang melintas di sekitar wilayah Parungpanjang.

Penjabat Bupati Bogor, Asmawa Tosepu saat meninjau kantong parkir guna memastikan bahwa tempat menunggu bagi transporter itu sudah bisa difungsikan untuk menampung sebanyak 50 truk.

"Ini merupakan solusi sementara dari persoalan angkutan tambang yang ada di Kabupaten Bogor," kata Asmawa, Rabu (17/1).

Ia menerangkan kantong parkir seluas 4,2 hektare dengan kapasitas 1.000 truk itu dibangun di perbatasan wilayah Parungpanjang, tepatnya di Desa Ciomas, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor. Pembangunannya ditarget selesai pada akhir Januari 2024.

"Tentu hal ini harus segera direalisasikan karena ini menjadi kebutuhan terutama pelaku aktivis pertambangan. Ini juga dalam rangka memulai meminimalisir kejadian-kejadian yang selama ini terjadi terkait angkutan tambang," ujar Asmawa.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam percepatan pemberian solusi sementara dari polemik operasional truk tambang.

Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Dadang Kosasih menjelaskan pembangunan kantong parkir yang dikerjasamakan dengan Perhutani ini dibagi menjadi dua tahap.

Pada tahap pertama ini pembangunan dilakukan di atas lahan seluas 4,2 hektare.

Pamkab Bogor mulai mengoperasikan sebagian kantong parkir untuk truk atau angkutan khusus tambang yang melintas di sekitar wilayah Parungpanjang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News