Pemkab Bekasi Tertibkan Parkir Liar di Jalan Kalimalang Cikarang

Rabu, 17 Januari 2024 – 18:30 WIB
Pemkab Bekasi Tertibkan Parkir Liar di Jalan Kalimalang Cikarang - JPNN.com Jabar
Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan bersama jajaran perangkat daerah saat meninjau pembangunan Jalan Kalimalang sesi Pasar Tegal Danas menuju Kabupaten Karawang pada Senin (15/1/2024). (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi menertibkan aktivitas parkir liar di ruas Jalan Inspeksi Kalimalang depan Pasar Tegal Danas, Desa Hegarmukti Kecamatan Cikarang Pusat karena menimbulkan kemacetan lalu lintas.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Yana Suyatna mengatakan penyebab utama kemacetan lalu lintas di lokasi tersebut karena para pengunjung pasar memarkir kendaraan di tepi jalan meski Pasar Tegal Danas memiliki lahan parkir di dalam area pasar.

"Pasar Tegal Danas ada lahan parkir, makanya kami arahkan semua kendaraan ke dalam, roda dua maupun roda empat, baik yang menumpang parkir maupun yang belanja di pasar lama atau sebentar. Jadi kami tertibkan, tidak boleh lagi parkir sembarang," kata Yana, Rabu (17/1).

Dia mengatakan berdasarkan ketentuan, setiap pasar diwajibkan menyediakan lahan parkir seluas 40 persen dari total luas lahan pasar tersebut dan pengelola harus mengarahkan kendaraan pengunjung pasar ke tempat parkir yang telah disediakan.

"Itu sudah sesuai aturan ya. Jadi kewajiban pengelola pasar untuk mengarahkan kendaraan ke tempat parkir yang telah tersedia agar tidak mengganggu lalu lintas," katanya.

Yana mengaku ada dua kemungkinan apabila mendapatkan aktivitas pasar yang tidak memiliki lahan parkir yakni pasar itu tidak diizinkan atau pemerintah daerah membebaskan lahan untuk lokasi parkir sebagai perwujudan penataan jalan.

"Artinya bukan Dishub saja di situ, tetapi harus melibatkan Dinas Perdagangan dan Dinas Perkimtan untuk pembebasan lahan parkir pasar," ucapnya.

Pihaknya tengah menyiapkan pembangunan rambu lalu lintas traffic light di perempatan Pasar Tegal Danas untuk mengurai kemacetan agar arus kendaraan lebih tertib dan lancar.

Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi menertibkan aktivitas parkir liar di ruas Jalan Inspeksi Kalimalang depan Pasar Tegal Danas.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News