BNPB Gelontorkan Dana Bantuan Banjir Dayeuhkolot Rp350 Juta

Senin, 15 Januari 2024 – 20:30 WIB
BNPB Gelontorkan Dana Bantuan Banjir Dayeuhkolot Rp350 Juta - JPNN.com Jabar
Ilustrasi: Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BANDUNG - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan dana siap pakai atau DSP sebesar Rp 350juta untuk penanganan bencana banjir di Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan, pemberian dana bantuan ini digunakan pada fase pertolongan para pengungsi banjir di masa tanggap darurat ini.

“Untuk tahap awal ini sebesar Rp350 juta untuk digunakan selama tujuh hari. Tentu saja kalau ada kekurangan nanti akan ditambah,” kata Suharyanto di Kabupaten Bandung, Senin (15/1).

Ia mengungkapkan, selain DSP, BNPB juga menyerahkan dukungan logistik berupa tenda pengungsi, sembako, selimut, matras, genset Listrik, makanan siap saji, perahu karet, dan paket kebersihan diri atau hygine kit.

“Pak Bupati Bandung sudah menetapkan tanggap darurat selama tujuh hari. Kami pastikan kebutuhan dasar dari para pengungsi betul-betul tertangani dan terpenuhi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Suharyanto menuturkan dalam masa tanggap darurat ini, pihaknya akan ikut terlibat dalam menuntaskan banjir yang terjadi di Kabupaten Bandung.

Ia menilai, perlu ada tindakan yang komprehensif pada penanganan banjir di wilayah tersebut, mengingat daerah Dayeuhkolot dan sekitarnya langganan banjir bila hujan lebat turun.

“Dan, kami sepakat bahwa penanganan ini bukan hanya di tanggap darurat, tetapi jangka menengahnya kami juga akan tangani. Agar musim hujan di awal tahun depan 2025, wilayah ini sudah tidak ada banjir lagi. Itu target kami,” terang dia.

BNPB menyalurkan dana siap pakai atau DSP sebesar Rp350juta untuk penanganan bencana banjir di Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News