Pemkot Bandung Perbaiki Tanggul Jebol Penyebab Banjir di Kampung Braga

Jumat, 12 Januari 2024 – 13:00 WIB
Pemkot Bandung Perbaiki Tanggul Jebol Penyebab Banjir di Kampung Braga - JPNN.com Jabar
Salah satu rumah warga yang mengalami rusak berat di Kampung Braga, Bandung, akibat meluapnya Sungai Cikapundung, Jumat (12/1). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memperbaiki tanggul jebol akibat meluapnya Sungai Cikapundung yang merendam Kampung Braga pada Kamis (11/1) malam.

Akibat tanggul jebol ini, puluhan rumah di Gang Apandi, Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung, terendam air banjir setinggi 150 cm.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengatakan, pihaknya memerintahkan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) untuk memperbaiki beberapa titik tanggul yang jebol di sepanjang aliran Sungai Cikapundung.

“Penanganan yang sangat amat sementara di antaranya adalah memperbaiki tanggul. Jadi ada tanggul sekitar lebih kurang 10 sampai dengan 12 meter untuk kami perbaiki,” kata Bambang di lokasi banjir, Jumat (12/1).

Ia memastikan untuk perbaikan tanggul jebol di Sungai Cikapundung bisa selesai hari ini guna mengantisipasi kembali terjadinya banjir yang masuk ke permukiman warga.

“Sampai dengan hari ini tetap kami lakukan upaya-upaya penanganan dan kami pastikan perbaikan tanggul hari ini selesai, karena itu mungkin menjadi salah satu faktor penyebab melimpahnya air dari Sungai Cikapundung ke perumahan warga,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bambang mengakui jika tanggul yang jebol di lokasi banjir ini sudah lama tidak diperbaiki. Terakhir kali perbaikan tanggul tersebut pada tahun 2004.

“Terakhir (tahun) 2004, jadi kalau dapat laporan dari warga, tanggul itu sudah overfall, sudah melewati, tentunya tanggul ini mungkin harus ditinggikan. Besok kami tinggikan dan perkuat struktur buat menahan beban,” ujarnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memperbaiki tanggul jebol akibat meluapnya Sungai Cikapundung yang merendam Kampung Braga pada Kamis (11/1) malam.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News