Jawa Barat Diterjang Rentetan Bencana Alam, Djoni Toat Minta Warga Waspada

Senin, 08 Januari 2024 – 15:00 WIB
Jawa Barat Diterjang Rentetan Bencana Alam, Djoni Toat Minta Warga Waspada - JPNN.com Jabar
Caleg DPR RI dari Partai Perindo Djoni Toat. Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Caleg DPR RI dari Partai Perindo Djoni Toat meminta kepada masyarakat untuk berhati-hati dengan bencana alam yang bisa terjadi kapan saja.

Diketahui, belakangan wilayah Bandung Raya dan sekitarnya sedang banyak terjadi bencana, mulai dari banjir, tanah longsor, sampai gempa bumi.

Terbaru, hujan deras yang melanda Kota Bandung di akhir tahun lalu membuat seorang anak kecil berusia 7 tahun hanyut di gorong-gorong di Jalan Pajajaran.

Anak kecil itu akhirnya ditemukan di Sungai Citarum di Kampung Cihamirung, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat pada Jumat (5/1/2024).

"Jika hujan lebat sudah melanda, maka sebaiknya anak-anak harus sudah berada di tempat aman. Tetapi lihat-lihat juga wilayahnya karena jika di sekitarnya terdapat pohon-pohon besar juga harus diwaspadai terutama apabila hujan disertai angin kencang," kata Joni, Senin (8/1).

Seperti diketahui juga, pohon tumbang pun baru-baru ini sering terjadi di wilayah Kota Bandung. Terlebih banyak pohon besar yang ditanam di wilayah perkotaan yang saat hujan besar terkadang dalam keadaan macet.

Menurut Djoni, bencana alam memang bukanlah hal yang bisa diprediksi, walaupun di negara-negara maju, hal ini sudah bisa diperkirakan dan diantisipasi sebelumnya.

"Kita bisa mencontoh Jepang yang sebelum terjadinya gempa, masyarakat sudah diberi 'warning' melalui ponselnya. Akibatnya korban pun dengan gempa sebesar 7,6 SR itu pun bisa diminimalisir. Saya baca sih korban meninggal dunia mencapai 67 orang," ucapnya.

Caleg DPR RI Djoni Toat bakal mendorong pembentukan BPBD Kota Bandung apabila kelak lolos ke Senayan dalam Pileg 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News