Cipondok Subang Diterjang Longsor, 1 Orang Meninggal Dunia 

Minggu, 07 Januari 2024 – 22:45 WIB
Cipondok Subang Diterjang Longsor, 1 Orang Meninggal Dunia  - JPNN.com Jabar
Rekaman video yang memperlihatkan kejadian tanah longsor di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Minggu (7/1). Foto: potongan video BPBD Jabar

jabar.jpnn.com, SUBANG - Bencana tanah longsor menerjang Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang pada Minggu (7/1) sekitar pukul 17.30 WIB. 

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Jawa Barat, Hadi Rahmat mengatakan hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Subang dan sekitarnya pada sore ini, mengakibatkan tanah di kawasan tersebut menjadi tidak stabil. 

Pergeseran tanah itu akhirnya mengakibatkan terjadinya longsor yang menimpa kawasan mata air Aqua, Cipondok, Subang. 

"Hujan intensitas tinggi sehingga membuat tanah di kawasan tersebut tidak stabil dan terjadi longsor yang menimpa mata air Aqua," kata Hadi dalam keterangannya. 

Dalam peristiwa itu, BPBD mencatat ada satu orang meninggal dunia atas nama Oom (50) dan 12 orang lainnya mengalami luka ringan. 

Korban yang luka ringan dan meninggal pun dievakuasi ke Puskesmas Kasomalang dan Cisalak. 

"Satu orang meninggal dunia dievakuasi ke UGD Puskesmas Kasomalang (a.n Ibu Oom 50 tahun), 11 orang luka ringan dievakuasi ke UGD Puskesmas Kasomalang dan 1 orang luka ringan dievakuasi ke Puskesmas Cisalak (a.n Ibu Melinda usia 29 tahun)," jelasnya. 

Pascakejadian, Hadi mengungkapkan, petugas BPBD tengah berjibaku di lokasi kejadian mengevakuasi sejumlah warga yang terdampak. 

Tanah longsor menerjang wilayah Kabupaten Subang di Desa Panggrahan, Kecamatan Kasomalang. 1 orang meninggal dunia dan 300 jiwa mengungsi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News