KNKT Investigasi Penyebab Kecelakaan KA Turangga dengan Bandung Raya

Jumat, 05 Januari 2024 – 17:20 WIB
KNKT Investigasi Penyebab Kecelakaan KA Turangga dengan Bandung Raya - JPNN.com Jabar
Alat berat crane dikerahkan untuk mengangkat badan kereta api yang bertabrakan di petak Jalan Cicalengka-Haurpugur, Kabupaten Bandung, Jumat (5/1). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BANDUNG - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih meneliti penyebab terjadinya tabrakan antara Kereta Api (KA) Turangga dengan KA Lokal Bandung Raya di petak Jalan Cicalengka-Haurpugur, Kabupaten Bandung pada Jumat (5/1). 

Adapun proses investigasi akan diserahkan ke Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). 

"Pada hari ini kami masih fokus untuk melakukan evakuasi, berupaya untuk sesegera mungkin menolong rekan kita yang masih di dalam, setelah itu kami akan berupaya sesegera mungkin menormalkan perjalanan ini," kata Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Mohammad Risal Wasal di lokasi kejadian.

Ia menuturkan, saat ini Kemenhub belum melakukan investigasi terkait penyebab terjadinya tabrakan antarlokomotif itu 

Begitu juga dengan dugaan adanya kesalahan teknis yang mengakibatkan peristiwa tabrakan tersebut. 

"Kami belum sampai ke proses investigasi, kami sepakat tadi KNKT yang akan investigasi. Ini kami teliti, datanya kami teliti. Nanti akan kami cek semua," jelasnya. 

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PT KAI Didiek Hartyanto menuturkan, alat berat berupa crane telah diturunkan untuk mengangkut gerbong kereta api yang hancur akibat tabrakan.

Menurutnya, proses evakuasi akan memakan waktu cukup lama. 

PT KAI menyerahkan proses investigasi tabrakan KA Turangga dengan Bandung Raya di Cicalengka kepada KNKT.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News