Gempa Bumi Sumedang, Puluhan Rumah Rusak

Senin, 01 Januari 2024 – 10:17 WIB
Gempa Bumi Sumedang, Puluhan Rumah Rusak - JPNN.com Jabar
Ilustrasi gempa. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jabar.jpnn.com, SUMEDANG - Penjabat (Pj) Bupati Sumedang Herman Suryatman menyampaikan puluhan rumah di wilayahnya mengalami kerusakan pasca diguncang gempa dangkal 4,8 magnitudo, Minggu (31/12/2023). 

Mayoritas rumah rusak berada di Kecamatan Babakan Hurip dengan rincian 53 rumah yang diisi sekitar 53 Kepala Keluarga (KK), total penghuni lebih dari 200 orang. 

Herman menuturkan, pascagempa, tim dari BPBD dibantu berbagai pihak melakukan assessment atau pendataan untuk memastikan warga selamat dari gempa. 

Warga yang mengungsi pun saat ini sudah menempati sejumlah tenda yang didirikan pemerintah daerah. 

"Kami sudah tugaskan BPBD cek rumah mana saja yang bisa ditempati warga. Untuk warga yang di luar, dibangunkan tenda di lapangan sementara waktu," kata Herman dalam konferensi pers virtual, dikutip Senin (1/1).

Pemkab Sumedang pun masih mendata korban maupun kerusakan rumah akibat guncangan gempa kemarin itu. 

Di sisi lain, masyarakat diimbau bisa mengecek informasi dari sumber terpercaya untuk mengantisipasi adanya hoaks terkait gempa bumi Sumedang.

"Informasi jangan sampai simpang siur. Jadi kami sudah sepakat satu pintu informasi itu dari forkopimda," kata Herman. 

Puluhan rumah dan tiga orang luka ringan pascagempa bumi magnitudo 4,8 yang mengguncang Kabupaten Sumedang pada Minggu malam.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News