Bio Farma Kembali Raih PROPER Kategori Emas yang ke-8 kalinya

Kamis, 21 Desember 2023 – 13:57 WIB
Bio Farma Kembali Raih PROPER Kategori Emas yang ke-8 kalinya - JPNN.com Jabar
Bio Farma Kembali Raih PROPER Kategori Emas yang ke-8 kalinya

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Bio Farma, induk Holding BUMN Farmasi kembali meraih Penghargaan kategori emas pada Anugerah Lingkungan PROPER dan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup. PROPER kategori Emas ini merupakan penghargaan yang ke delapan kalinya diterima Bio Farma. 

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dengan didampingi Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Alue Dohong dan diterima oleh Direktur Utama Bio Farma, Shadiq Akasya di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. 

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong dalam laporannya menyampaikan, anugerah lingkungan PROPER merupakan penghargaan atas kinerja dunia dalam pengelolaan lingkungan, Eko Inovasi, Inovasi Sosial, dan Green Leadership Perusahaan. 

PROPER ini merupakan program yang dimulai sejak 27 tahun yang lalu, dan terus melakukan perbaikan.

Secara ringkas evaluasi tingkat ketaatan yang dilakukan kepada 3694 perusahaan peserta PROPER tahun 2023 dengan peringkat sebagai berikut, emas sebanyak 79 perusahaan, hijau sebanyak 196 perusahaan, biru sebanyak 2.131 perusahaan, merah 1077 perusahaan, hitam tidak ada, ditunda pemeringkatannya sebanyak 211 perusahaan 

Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dalam sambutannya menyampaikan, keberhasilan pembangunan berkelanjutan membutuhkan dukungan semua sektor dan pemangku kepentingan mulai dari pemerintah, akademisi, komunitas, juga entitas bisnis. 

“Program PROPER menjadi platform bagi perusahaan untuk ikut ambil bagian dalam pembangunan berkelanjutan, utamanya untuk mencegah kerusakan lingkungan dan pencemaran akibat aktivitas industri yang dilakukan. Perusahaan tidak lagi hanya berfokus menghasilkan keuntungan tetapi juga harus memastikan kelestarian lingkungan sekitar baik lingkungan fisik maupun sosial," ucap Ma'ruf dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Kamis (21/12).

“Kriteria penilaian PROPER terus dikembangkan dari yang semula sederhana menjadi kriteria yang mengusung perbaikan berkelanjutan misalnya kriteria penilaian daur hidup, inovasi sosial beserta perhitungan dampak dari pelaksanaannya, dan penilaian kepemimpinan," sambungnya. 

Wujud komitmen pengelolaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat, Bio Farma kembali raih  PROPER kategori emas yang ke-8 kalinya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News