Tips Atasi Potensi Lonjakan Kasus Covid-19 Selama Libur Nataru Versi Epidemiolog UI

Kamis, 21 Desember 2023 – 10:00 WIB
Tips Atasi Potensi Lonjakan Kasus Covid-19 Selama Libur Nataru Versi Epidemiolog UI - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Covid-19. Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jabar.jpnn.com, DEPOK - Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) yang juga epidemiolog Universitas Indonesia (UI), Tri Yunis Miko Wahyono, memberikan beberapa tips untuk mengatasi lonjakan kasus Covid-19 pada saat libur natal dan tahun baru (Nataru).

Dirinya mengungkapkan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

“Pencegahan juga perlu dilakukan sebelum wabah besar kembali terjadi,” ucapnya.

Menurutnya, protokol kesehatan adalah kunci dalam pencegahan Covid-19.

“Dengan melakukan protokol kesehatan yang tidak setengah-setengah dan dilakukan oleh seluruh masyarakat, maka upaya pencegahan Covid-19 dapat berjalan dengan efektif, meskipun tidak 100 persen,” tuturnya.

Meski demikian, protokol kesehatan tersebut dapat menghindari peningkatan kasus Covid-19 dengan baik.

"Untuk mengurangi kemungkinan penularan kasus, maka menjaga jarak dan menggunakan masker merupakan suatu keharusan. Baik di tempat pariwisata, penginapan, restoran, atau tempat umum lainnya," ujarnya.

Dia menegaskan kebijakan dan protokol kesehatan di tempat umum merupakan peraturan pemerintah yang harus dilaksanakan, dan ada hukuman bagi pelanggarnya.

Tips Epidemiolog Universitas Indonesia demi mencegah lonjakan kasus Covid-19 saat libur libur natal dan tahun baru (Nataru).
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News