Diresmikan Presiden Jokowi, Jembatan Otista Kota Bogor Kini Sudah Bisa Dilalui

Selasa, 19 Desember 2023 – 20:00 WIB
Diresmikan Presiden Jokowi, Jembatan Otista Kota Bogor Kini Sudah Bisa Dilalui - JPNN.com Jabar
Presiden Jokowi saat meresmikan Jembatan Otista Kota Bogor. Foto: Dok. Pemkot Bogor.

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jembatan Otista di Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bogor, Selasa (19/12).

Sebelum diresmikan, Presiden Jokowi lebih dahulu meninjau kondisi jembatan yang sudah selesai dibangun.

Kepala negara juga sempat turun ke bawah jembatan untuk meninjau lengkung jembatan yang merupakan pondasi awal jembatan yang merupakan Cagar Budaya.

Presiden mengatakan bahwa seperti yang disampaikan Wali Kota Bogor, Bima Arya Jembatan Otista ini memiliki problem atau masalah penyempitan sehingga dilakukan pelebaran.

"Jembatan Otista ini jembatan yang salah satu menjadi problem di Kota Bogor, karena melebar dan menyempit di jembatan ini sehingga jembatan ini dilebarkan dan kalau dilihat sekarang sudah lebih dari cukup," katanya.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menceritakan bahwa jembatan Otista ini mulai dibangun sekitar tahun 1920 dengan menggunakan pondasi lengkung.

Setelah itu pada tahun 1970 jembatan dilebarkan dan tahun 1990-an menjadi arus utama di Kota Bogor yang juga dipenuhi oleh para pedagang.

"Karena itu ketika tahun 2015 kami melakukan kajian dan munculah kemudian kebijakan Sistem Satu Arah (SSA). Diberlakukan Sistem Satu Arah di seputar Istana Bogor ini dan mengurangi kemacetan, tetapi ternyata titik ini adalah titik penyempitan utama, bottlenecking utama di pusat kota," kata Bima Arya saat memberikan laporan kepada Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jembatan Otista di Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bogor, Selasa (19/12).
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News