Kasus Covid-19 di Indonesia Naik Lagi, Pj Gubernur Jabar Imbau Warga Divaksin Ulang

Jumat, 08 Desember 2023 – 18:30 WIB
Kasus Covid-19 di Indonesia Naik Lagi, Pj Gubernur Jabar Imbau Warga Divaksin Ulang - JPNN.com Jabar
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin. Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Kasus Covid-19 di Indonesia kembali mengalami peningkatan. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per 6 Desember 2023, rata-rata kasus Covid-19 bertambah sebanyak 35 hingga 60 kasus.

Pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit pun tercatat antara 60 – 131 orang. Tingkat keterisian rumah sakit ini sebesar 0,06 persen dan angka kematian nol sampai tiga kasus per hari.

Mengantisipasi penyebaran kasus Covid-19, khususnya di Jawa Barat, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin meminta masyarakat untuk kembali menerapkan protokol kesehatan (prokes), termasuk 5M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi keramaian, dan mengurangi mobilitas.

“Pertama, kami ingatkan kembali masyarakat untuk menjaga prokes (5M). Selain itu, bagi masyarakat yang merasa tidak enak badan sebaiknya menggunakan masker,” kata Bey di Bandung, Jumat (8/12).

Selain mengingatkan prokes, Bey pun telah mengeluarkan surat edaran terkait imbauan kepada masyarakat untuk kembali melakukan vaksinasi Covid-19. Dengan catatan, mereka yang sudah melewati jangka waktu enam bulan dari vaksinasi terakhir.

“Kami sudah mengeluarkan surat edaran, bagi mereka yang imunisasi Covid-19 dan lebih dari enam bulan, sebaiknya diulang (melakukan vaksinasi),” terangnya.

Ia memastikan, jika kasus Covid-19 di Jawa Barat kembali meningkat, pihaknya telah menyiapkan fasilitas kesehatan (faskes) untuk penanganan pasien Covid-19.

“Semua rumah sakit, puskesmas sudah siap, tapi kami minta dari masyarakat juga prokes dijalankan dan segera imunisasi ulang,” tuturnya.

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin mengimbau kepada masyarakat agar melakukan vaksinasi ulang Covid-19.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News