Perluas Potensi Kerjasama Global, Bio Farma Suplai Vaksin Td ke Ghana

Rabu, 06 Desember 2023 – 19:50 WIB
Perluas Potensi Kerjasama Global, Bio Farma Suplai Vaksin Td ke Ghana - JPNN.com Jabar
Perluas Potensi Kerjasama Global, Bio Farma Suplai Vaksin Td ke Ghana. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Bio Farma melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Atlantic Lifesciences Limited, Ghana untuk transfer teknologi ready to fill vaksin Tetanus-Difteri (Td) yang diproduksi oleh Bio Farma.

Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Wakil Direktur Utama Bio Farma, Soleh Ayubi dan CEO Atlantic Lifesciences Limited, Tripathi Dhananjay, serta disaksikan oleh Wakil Menteri Luar Negeri, Pahala N Mansury dan Menteri Kesehatan Republik Ghana, Kwaku Agyeman-Manu di National Vaccine Institute, Accra Ghana Selasa (5/12).

Wakil Direktur Utama Bio Farma, Soleh Ayubi menyampaikan, pihaknya merasa terhormat atas kepercayaan yang diberikan oleh Republik Ghana ke industri farmasi Indonesia, dan pentingnya kolaborasi antar dua negara.

“Kami percaya bahwa kolaborasi ini tidak hanya antara Atlantic dan Bio Farma, namun juga antara Ghana dan Indonesia, menjembatani hubungan baik yang telah terjaga antar Afrika dan Asia. Kami harap kerjasama antar dua negara ini bukan menjadi yang terakhir, namun dapat menjadi milestone untuk kerjasama menguntungkan antar dua pihak di masa mendatang," ucap Soleh dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Rabu (6/12).

“Pandemi Covid-19 sudah usai, namun kita masih harus terus siaga dalam menghadapi dinamisnya perkembangan dunia kesehatan. Banyak hal terjadi di masa pandemi seperti adanya gelombang baru penyakit menular yang timbul dikarenakan keterlambatan penanganan di masa pandemi. Jika tidak ditangani dengan baik, maka ini dapat menjadi pandemi baru. Masalah ini bukan masalah masing-masing negara, namun harus menjadi concern bersama dan dapat kita hadapi bersama," sambung Soleh.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Menteri Luar Negeri, Pahala N Mansury menyampaikan, Indonesia akan terus mendukung usaha negara sahabat dalam menjaga ketahanan kesehatan.

"Dengan semangat solidaritas dan berkolaborasi dari Bandung, Indonesia, kami harap kerjasama ini dapat memberikan dampak baik tidak hanya bagi kedua perusahaan, namun juga bagi kedua negara sahabat," ujar Pahala.

Sementara itu, CEO Atlantic Lifesciences, Tripathi Dhananjay mengungkapkan rasa syukur atas kolaborasi yang baik antar Indonesia yang diwakili oleh Bio Farma dan Ghana yang diwakili oleh Atlantic Lifesciences.

Bio Farma melakukan MoU dengan Atlantic Lifesciences Limited, Ghana untuk transfer teknologi ready to fill vaksin Tetanus-Difteri (Td).
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News