Arah Pembangunan Kabupaten Bogor 20 Tahun ke Depan Mulai Dirumuskan

Senin, 04 Desember 2023 – 20:30 WIB
Arah Pembangunan Kabupaten Bogor 20 Tahun ke Depan Mulai Dirumuskan - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Kabupaten Bogor. Potret Tugu Pancakarsa Kabupaten Bogor. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor merumuskan arah pembangunan daerahnya untuk 20 tahun ke depan melalui Forum Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045.

Bupati Bogor Iwan Setiawan saat membuka Forum RPJPD di Cibinong, Bogor, Senin (4/12), menjelaskan Pemerintah Kabupaten Bogor merumuskan pembangunan melalui isu strategis dengan memperhatikan kebijakan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah daerah kabupaten/kota yang berbatasan dengan Kabupaten Bogor.

“Roadmap menuju 2045 sudah ada dari pemerintah pusat, tinggal bagaimana kami terjemahkan sesuai dengan situasi kondisi di Kabupaten Bogor. Sehingga tergambar bagaimana rencana mewujudkan cita-cita di tahun 2045,” jelas Iwan.

Menurut dia, ada beberapa faktor dominan di Kabupaten Bogor yang wajib dijadikan pertimbangan dalam perumusan target jangka panjang, yaitu jumlah penduduk yang besar, kondisi geografis daerah dalam sudut pandang potensi dan ancaman.

Kemudian, kondisi makro daerah seperti laju pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, pengangguran, ketimpangan pembangunan, serta pendapatan perkapita.

Selanjutnya, kondisi kinerja pelayanan kewenangan daerah berdasarkan bidang urusan, serta posisi daya saing daerah, baik secara nasional, regional, maupun dengan wilayah perbatasan.

“Para pemangku kepentingan harus dapat berpartisipasi aktif dalam proses ini, sehingga semua tahapan penyusunan RPJPD 2025-2045 dapat berjalan efektif, efisien dan tepat waktu sesuai jadwal,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut diluncurkan Data Ranger oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor.

Pemkab Bogor rumuskan arah pembangunan untuk 20 tahun ke depan melalui Forum Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News