Punya Andil Besar di Pasar Global, Kemenperin Siap Mendongkrak Potensi Cokelat Indonesia

Kamis, 30 November 2023 – 08:00 WIB
Punya Andil Besar di Pasar Global, Kemenperin Siap Mendongkrak Potensi Cokelat Indonesia - JPNN.com Jabar
Lewat diskusi lintas sektoral bertajuk "mengenal manisnya coklat lokal", kemenperin beberkan sejumlah data dan fakta tentang potensi cokelat di Indonesia. Foto: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengadakan diskusi untuk membahas potensi bisnis cokelat asal Indonesia yang mengalami peningkatan permintaan, di tengah ketersediaan yang kian menurun untuk membangkitkan semangat petani muda menanam pohon kakao.

Direktur Industri Minuman, Hasil Tembakau dan Bahan Penyegar Kemenperin Edy Sutopo mengemukakan bahwa berdasarkan catatan Kementerian Pertanian (Kementan) lahan kakao berjumlah 1,4 juta hektare, tetapi neraca perdagangan coklat Indonesia masih defisit.

"Ketika kita keluar negeri, kita bawa oleh-oleh cokelat dari luar. Padahal kita punya pohon, sedangkan kita membeli dari mereka yang tidak punya pohon," kata Edy dalam paparannya saat acara kongkow sobat industri dengan tema "mengenal manisnya coklat lokal" di Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (29/11).

Dalam diskusi ini, Kemenperin juga menghadirkan pengusaha Irvan Helmi, pemimpin perusahaan Pipiltin Cocoa dan Ketua Asosiasi Petani Kakao (Askindo), Arif Zamroni dan diikuti oleh para peneliti, pengusaha dan sejumlah awak media massa.

Menurut Edy, kondisi ini menjadi pemicu bagi pemerintah untuk mengajak pengusaha dan asosiasi pengusaha cokelat bergerak membangkitkan paradigma bagaimana Indonesia jadi episentrum dunia untuk kakao dan olahannya ke depan.

Edy menyampaikan telah ada 11 perusahaan pengolahan kakao intermediate seperti kakao leker, coco batter, coco kiek yang menjadi bahan baku untuk produk olahan cokelat di Indonesia dengan kapasitas 739 ribu ton per tahun.

"Untuk produk cokelat intermediate ini, kita saat ini sudah menjadi nomor 3 atau 4 di dunia internasional dengan ekspan/ekspor kita lebih dari 1,12 miliar US dollar dan ini pangsa pasar kita di dunia internasional itu 9,17 persen," katanya.

Selanjutnya, kata dia, ada coklat olahan industrial yang mengolah kakao intermediate dengan kualitas coklat yang tidak terlalu selektif.

Lewat diskusi lintas sektoral, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) siap mendongkrak potensi cokelat Indonesia di kancah dunia.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News