Cegah Penipuan Pembuatan Paspor, Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Bogor Gelar Sosialisasi Aplikasi MPaspor

Jumat, 24 November 2023 – 19:00 WIB
Cegah Penipuan Pembuatan Paspor, Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Bogor Gelar Sosialisasi Aplikasi MPaspor - JPNN.com Jabar
Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Bogor saat menggelar sosialisasi pencegahan penipuan berbasis online dalam permohonan paspor melalui aplikasi MPaspor. Foto: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Bogor menggelar sosialisasi pencegahan penipuan berbasis online dalam permohonan paspor melalui aplikasi MPaspor.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor, Ruhiyat M. Tolib mengatakan sosialisasi ini dilakukan untuk menekan potensi kasus penipuan yang terjadi saat masyarakat mengajukan permohonan pembuatan paspor.

Sebab, di sepanjang tahun ini Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Bogor sudah mendapatkan 10 aduan kasus penipuan dalam pembuatan paspor.

"Sebenarnya kasus penipuan pembuatan paspor ini masih sangat sedikit, di sepanjang tahun ini saja kami menangani 10 kasus, tetapi kalau dibiarkan tentu ini akan menjadi besar, apalagi dalam sehari permohonan pembuatan paspor bisa mencapai 400 pemohon dalam sehari," katanya, Jumat (24/11).

Ruhiyat M. Tolib mengatakan biasanya kasus penipuan tersebut terjadi lantaran masyarakat mencoba mencari informasi pembuatan paspor di mesin pencarian google.

Dari sana, masyarakat secara tidak tahu masuk ke situs tertentu seolah-olah situs tersebut milik Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Bogor, yang membuat warga tertipu dan tanpa sadar mengikuti semua instruksi yang ada di situs tersebut.

"Padahal untuk pembuatan paspor secara online, kami sediakan dalam bentuk aplikasi Mpaspor di Playstore, bukan lewat website yang selama ini masyarakat kira," ujarnya.

Sebagai bentuk pencegahan munculnya lebih banyak korban, Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Bogor menggelar sosialisasi pencegahan penipuan berbasis online dalam permohonan paspor melalui aplikasi MPaspor.

Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Bogor menggelar sosialisasi pencegahan penipuan berbasis online dalam permohonan paspor melalui aplikasi MPaspor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News