Anggaran Rp60 Miliar Dicoret, Kota Bogor Gagal Tambah 2 Koridor Baru Biskita di Tahun Ini

Rabu, 22 November 2023 – 19:30 WIB
Anggaran Rp60 Miliar Dicoret, Kota Bogor Gagal Tambah 2 Koridor Baru Biskita di Tahun Ini - JPNN.com Jabar
Wali Kota Bogor Bima Arya saat meresmikan operasional Biskita Transpakuan. Foto : Dokumen Pemkot Bogor.

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menambah dua koridor baru Biskita Transpakuan dipastikan gagal terlaksana tahun ini.

Musababnya anggaran senilai Rp60 miliar yang sudah diproyeksikan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menambah dua koridor baru Biskita Transpakuan, yakni koridor 3 dan 4, pada tahun ini dicoret.

Seperti diungkapkan Tim Akselerasi Pemkot Bogor, Yayat Supriatna. Menurut dia, sebenarnya anggaran untuk penambahan koridor 3 dan 4 itu sudah dimasukan ke dalam program kegiatan Kemenhub pada tahun ini melalui BPTJ sekitar Rp60 miliar.

Akan tetapi, kemungkinan ada skala prioritas yang lain, sehingga anggaran untuk penambahan dua koridor Biskita Transpakuan ini dicoret oleh Kemenhub.

"Itu sudah direncakan, tetapi itu kan rencana dan uangnya belum ada. Nah APBN itu bisa saja mencoret, membatalkan dan menunda. Mungkin ada skala prioritas lain apakah untuk IKN atau apa, akhirnya 60 miliar itu dicoret atau dihilangkan," kata Yayat Supriatna kepada wartawan baru-baru ini.

"Jadi, persoalannya bukan di kami, tetapi perencanaan di tingkat kementerian itu yang berubah, apakah karena penyesuaian, refocusing atau perubahan anggaran. Kami juga tidak bisa apa-apa," sambung dia.

Yayat Supriatna mengaku belum bisa memastikan apakah anggaran penambahan dua koridor baru Biskita Transpakuan ini akan dianggarkan kembali Kemenhub pada tahun 2024 mendatang.

Meski begitu, untuk tetap menjalankan penambahan dua koridor baru Biskita Transpakuan, Pemkot Bogor bisa saja menggunakan skema Perda Transportasi, yang mana di dalam Perda itu bisa mengatur pembiayaan model Buy The Service (BTS) dengan anggaran APBD.

Gegara hal ini, rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menambah dua koridor baru Biskita Transpakuan dipastikan gagal terlaksana tahun ini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News