PVMBG Kementerian ESDM Keluarkan Rekomendasi Mitigasi Untuk Daerah Rawan Bencana

Minggu, 19 November 2023 – 23:00 WIB
PVMBG Kementerian ESDM Keluarkan Rekomendasi Mitigasi Untuk Daerah Rawan Bencana - JPNN.com Jabar
Ilustrasi gempa bumi. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM mengeluarkan rekomendasi untuk upaya mitigasi bencana bersama, termasuk yang dapat dilakukan warga di wilayah rawan gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kepala PVMBG Hendra Gunawan mengatakan pihaknya juga menggencarkan sosialisasi tentang potensi serta rekomendasi tindakan pencegahan yang harus dilakukan saat terjadi bencana terutama di Cianjur.

"Kami melakukan pembahasan lintas sektoral yang hasilnya dikeluarkan rekomendasi dari PVMBG Badan Geologi untuk upaya mitigasi bencana bersama termasuk yang dapat dilakukan warga di wilayah rawan gempa Cianjur," katanya, Minggu (19/11).

Hal tersebut dilontarkan dalam focus group discussion (FGD) Pengembangan Kapasitas dan Sistem Peringatan Dini Terintegrasi Kebencanaan Geologi yang diikuti berbagai kalangan di Cianjur yang digelar selama tiga hari sampai Senin (20/11/2023).

Kegiatan yang diikuti peserta dari kalangan pemerintahan, kepolisian, BPBD Cianjur dan BNPN melakukan peninjauan langsung ke lokasi terdampak gempa, untuk melihat langkah yang perlu diambil PVMBG terkait mitigasi bencana geologi, termasuk hal praktis yang dapat dilakukan masyarakat dalam upaya pencegahan pertama.

Pada kegiatan FGD di Cianjur, tutur dia, pihaknya meluncurkan Portal Mitigasi Bencana Geologi (MBG) berupa aplikasi web yang berisi informasi kebencanaan geologi seperti aktivitas gunung api, gerakan tanah atau longsor, gempa bumi, dan stunami berbasis Geospatial Information System (GIS).

"Portal MBG dapat diakses warga khususnya yang berada di wilayah rawan bencana seperti Kabupaten Cianjur, agar informasi mengenai kebencanaan langsung diterima di website vsi.esdm.go.id, warga yang terancam bisa langsung mendapatkan data soal wilayahnya," kata Hendra.

Plt Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Muhammad Wafid, mengatakan di Cianjur rentan terjadinya penggabungan bencana atau multi hazard karena berkaca dari gempa pada 21 November 2022 yang terpusat di Kecamatan Cugenang.

PVMBG Kementerian ESDM mengeluarkan rekomendasi upaya mitigasi bencana bersama, di daerah rawan bencana di Jawa Barat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News