Pemprov Jabar Pasang CCTV Analitik Portabel Pantau Volume Kendaraan di Garut Jelang Nataru

Minggu, 19 November 2023 – 20:00 WIB
Pemprov Jabar Pasang CCTV Analitik Portabel Pantau Volume Kendaraan di Garut Jelang Nataru - JPNN.com Jabar
Suasana jalur utama di Kabupaten Garut, Jawa Barat. ANTARA/Feri Purnama

jabar.jpnn.com, GARUT - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memasang CCTV analitik portabel khusus untuk memantau volume kendaraan yang masuk maupun keluar di daerah perbatasan kota di Jalan Raya Kadungora, Kabupaten Garut yang difungsikan saat pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 hingga musim mudik Hari Raya Idul Fitri.

"CCTV analitik portabel merupakan alat yang dipasang oleh provinsi di Kadungora untuk mencacah kendaraan," kata Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Garu, Asep Jaelani, Minggu (19/11).

Ia menuturkan selama musim mudik hari raya maupun libur Natal dan Tahun Baru seringkali disiagakan pos petugas dari Dishub Garut maupun Provinsi Jabar untuk siaga menghitung volume kendaraan yang datang atau melintas ke Garut secara manual.

Sistem kerja manual hitung kendaraan bermotor itu, kata dia, nanti tidak lagi dilakukan setelah adanya pemasangan CCTV analitik portabel itu khusus di Kadungora sebagai jalan utama dari Bandung masuk wilayah perkotaan Garut.

"Sementara hanya satu dulu di Kadungora, jadi nanti tugasnya akan lebih efektif, tidak lagi menggunakan manual, tetapi sudah digital," katanya.

Ia menyampaikan alat digital menghitung volume kendaraan itu diharapkan sudah mulai berfungsi pada saat pengamanan libur Natal dan Tahun Baru.

Selanjutnya, kata dia, tentu akan digunakan lagi alat tersebut saat operasi pengamanan musim libur arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri di Kabupaten Garut.

"Selain nanti dilakukan secara digital di Kadungora, kami juga sementara dilakukan cara manual di jalur Limbangan," katanya.

Pemprov Jawa Barat bakal memasang CCTV analitik portabel khusus untuk memantau volume kendaraan menjelang libur Natal, Tahun Baru dan musim mudik lebaran.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News