Bank Indonesia Targetkan Kota Kabupaten di Jabar Sudah ETPD Pada Tahun 2024

Jumat, 17 November 2023 – 19:40 WIB
Bank Indonesia Targetkan Kota Kabupaten di Jabar Sudah ETPD Pada Tahun 2024 - JPNN.com Jabar
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Erwin Hutapea dalam konferensi pers ‘High Level Meeting (HLM) dan Capacity Building TP2DD se-Jawa Barat di Gedung Sate, Jumat (17/11). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat menargetkan tahun 2024, seluruh wilayah kota/kabupaten sudah menerapkan ETPD atau Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).

Akselerasi ETPD ini terus diperkuat dengan hadirnya Kartu Kredit Pemerintah Daerah atau Kartu Kredit Indonesia (KKI).

KKI merupakan inovasi pembayaran non-tunai yang diterbitkan untuk transaksi belanja pemerintah. KKI hadir mendukung efisiensi dan transparansi dalam realisasi serta pertanggungjawaban penggunaan anggaran pemerintah pusat dan daerah.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Erwin Hutapea menuturkan, dari 27 kota/kabupaten, baru Bekasi yang sudah sepenuhnya digitalisasi dalam hal ETPD.

Diharapkan, daerah lain mengikuti Kota/Kabupaten Bekasi terkait penggunaan QRIS dan pembayaran digital.

“Provinsi Jawa Barat dari sisi digitalisasi, baik itu indeks digitalisasi ETPD maupun terkait penggunaan QRIS di Jawa Barat mencatatkan hal yang menggembirakan. ETPD Provinsi Jabar dan satu Kabupaten/Kota Bekasi sudah mencapai indeks 100 persen, artinya digitalisasinya sudah mencapai full,” kata Erwin dalam konferensi pers ‘High Level Meeting (HLM) dan Capacity Building TP2DD se-Jawa Barat di Gedung Sate, Jumat (17/11).

“Ini menjadi sebuah modal bagi kota kabupaten lainnya untuk mengejar mencapai hal yang sama,” lanjutnya.

Erwin menerangkan, di Jawa Barat ada dua pemerintahan yang sudah menggunakan KKI, yakni Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

Kantor Perwakilan BI Jabar menargetkan tahun 2024, seluruh wilayah kota/kabupaten sudah menerapkan ETPD atau Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News