Hadapi Cuaca Ekstrem, Pemkab Bogor Susun SK Tanggap Darurat Bencana

Jumat, 03 November 2023 – 18:30 WIB
Hadapi Cuaca Ekstrem, Pemkab Bogor Susun SK Tanggap Darurat Bencana - JPNN.com Jabar
Ilustrasi cuaca ekstrem. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyusun Surat Keputusan (SK) status tanggap darurat bencana menindaklanjuti banyaknya peristiwa bencana alam di Kabupaten Bogor selama dua hari terakhir.

"Hari ini status tanggap darurat sedang disusun dan insyaallah bisa segera keluar," kata Bupati seusai rapat penanganan bencana di Cibinong, Bogor, Kamis (2/11).

Iwan melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP), dan Dinas Sosial (Dinsos) dalam rapat penyusunan status tanggap darurat bencana.

Menurut dia, status tanggap darurat bencana tersebut bisa menjadi landasan Pemerintah Kabupaten  Bogor untuk menangani dan memberikan bantuan kepada para korban bencana alam melalui anggaran Belanja Tak Terduga (BTT) dari APBD tahun anggaran 2023.

“Tadi kami sudah rapat dan hasil kajian perlu mengeluarkan anggaran yang bersumber dari belanja tidak terduga (BTT) untuk membantu warga terdampak bencana,” katanya.

Nantinya, anggaran BTT tersebut akan digunakan untuk membantu memperbaiki bangunan warga yang mengalami kerusakan.

Saat ini, DPKPP Kabupaten Bogor juga sedang mendata satu per satu jumlah bangunan yang mengalami kerusakan.

“Di samping itu, bantuan dari Dinsos berupa sembako dan kebutuhan lainnya juga sudah mulai didistribusikan. Saya ingin semua bergerak cepat,” ujar Iwan.

Pemkab Bogor menyusun SK status tanggap darurat bencana menindaklanjuti banyaknya peristiwa bencana alam di Kabupaten Bogor selama dua hari terakhir.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News