175 Warga Terlatih Digembleng Kebangsaan hingga Penanganan Kebencanaan

Rabu, 01 November 2023 – 21:00 WIB
175 Warga Terlatih Digembleng Kebangsaan hingga Penanganan Kebencanaan - JPNN.com Jabar
Pembukaan Pembekalan Kader Warga Terlatih Terpusat Tingkat Muda 2023, di Hotel Green Forest, Kota Bogor. Foto: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Sebanyak 175 peserta dari seluruh Indonesia digembleng pelatihan Bela Negara yang dikemas dalam kegiatan "Pembekalan Kader Warga Terlatih Terpusat Tingkat Muda 2023".

Kegiatan pembekalan tahun ketiga yang diinisiasi Staf Teritorial TNI AD (Sterad) itu berlangsung di Hotel Green Forest, Kota Bogor, selama tiga hari mulai Rabu (1/11) hingga Jumat (3/11).

Paban VI/Wanwil Sterad, Kolonel Inf Iwan Budiarso yang membacakan sambutan Aster Kasad Mayor Jenderal TNI Achmad Daniel Chardin mengatakan Pembekalan Kader Warga Terlatih ini merupakan kelanjutan kegiatan sebelumnya, untuk menyiapkan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata).

Menurut dia, kegiatan itu juga sejalan dengan amanat pembukaan UU 1945, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah seperti termaktub dalam pasal 27 ayat 3.

"Yang berbunyi setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha bela negara, maka pendiri para bangsa ini telah menempatkan kedaulatan negara menjadi prioritas," kata Kolonel Inf Iwan Budiarso.

Menurut dia, penting untuk menyiapkan warga terlatih lantaran letak strategis Indonesia dan juga sumber daya alam yang sangat kaya menjadi daya tarik bangsa lain untuk menguasainya.

Oleh karenanya, Indonesia sebagai negara yang berdaulat tentunya menuntut setiap warga negara berperan aktif dalam Pertahanan negara.

"Seperti diketahui pada tahun anggaran 2023 telah resmi ditetapkan 2.497 komcad (komponen cadangan) TNI di Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Danpusdiklatpassus) Batu Jajar Jawa Barat," ucap Kolonel Inf Iwan Budiarso.

175 peserta dari seluruh Indonesia digembleng pelatihan Bela Negara yang dikemas dalam kegiatan "Pembekalan Kader Warga Terlatih Terpusat Tingkat Muda 2023".
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News