Bandara Husein Sastranegara Hanya Melayani Satu Rute Penerbangan

Senin, 30 Oktober 2023 – 14:30 WIB
Bandara Husein Sastranegara Hanya Melayani Satu Rute Penerbangan - JPNN.com Jabar
Penumpang menaiki pesawat jenis ATR maskapai Wings Air dengan rute penerbangan Bandung - Surabaya dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Senin (30/10). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Pemerintah resmi memindahkan mayoritas penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara di Kota Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka.

Operasional penuh BIJB Kertajati ditandai dengan penerbangan perdana Kertajati – Denpasar yang dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Minggu (29/10).

Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara R Indra Crisna Seputra mengatakan, saat ini Bandara Husein Sastranegara hanya melayani satu rute penerbangan tujuan Bandung – Surabaya (transit Yogyakarta).

Adapun satu hari sebelum perpindahan, ada tujuh keberangkatan dan kedatangan dari delapan rute di Bandra Husein Sastranegara. Hari ini, ke delapan rute tersebut seluruhnya pindah ke Kertajati.

“Setelah ada perpindahan kemarin, sudah pindah semua tipe jet dari Husein tanggal 29 Oktober ke Bandara Kertajati. Pada tanggal 28 terakhir ada tujuh keberangkatan dan tujuh kedatangan dari delapan rute penerbangan, sampai ke tanggal 29 kemarin semua sudah mulai terbang dari Kertajati,” kata Indra ditemui wartawan di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Senin (30/10).

Indra menerangkan, seluruh tipe pesawat jet tidak ada lagi yang landing dan take off dari Bandara Husein. Pihaknya hanya melayani satu jenis pesawat yakni tipe ATR maskapai Wings Air.

Adapun penerbangan Bandung – Surabaya ini hari pertama beroperasi diisi oleh 31 penumpang.

“Historisnya tahun 2019 sehari bisa sampai delapan flight, jadi memang bagus-bagusnya tahun ini, semua ATR Yogyakarta – Surabaya dari Halim itu rutenya banyak. Makanya yang diambil oleh Wings itu YK – SBY,” ujarnya.

Pascaoperasional Bandara Kertajati, Bandara Husein Sastranegara hanya melayani satu rute penerbangan saja.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News