Sekda Kota Bandung Mengeluhkan PPKM Level 3 Mengganggu Pemulihan Ekonomi

Jumat, 04 Maret 2022 – 10:30 WIB
Sekda Kota Bandung Mengeluhkan PPKM Level 3 Mengganggu Pemulihan Ekonomi - JPNN.com Jabar
Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna. (ANTARA/HO-Humas Pemkot Bandung)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna menyampaikan pemulihan ekonomi di Bandung kembali terhambat dengan adanya lonjakan kasus Covid-19.

Berdasarkan Peraturan Wali (Perwal) Kota Bandung Nomor 15 Tahun 2022 PPKM level 3, berbagai sektor usaha mulai dari restoran, kafe, dan hotel kembali melakukan pengetatan dan mengurangi kapasitas.

Ema mencontohkan, kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) untuk sementara ditunda lebih dulu. Kalau pun tidak ditunda, kapasitas jumlah pengunjung di dalam ruangan dikurangi.

“Pengetatan misalnya kegiatan MICE, nah kegiatan ICE nya ini kelihatannya untuk sementara ditundan. Meski M nya masih berjalan, tetapi dengan kapasitas yang tidak banyak. Kenapa saya mengungkap hal ini, karena ada korelasi dengan persoalan ekonomi,” kata Ema di Balaikota Bandung, Jalan Wastukencana, Jumat (4/3).

Menurutnya, pengetatan sektor usaha ini tak lain diakibatkan karena Kota Bandung berstatus PPKM level 3. Hal ini dinilai cukup berpengaruh, contohnya industri hotel yang mengandalkan tambahan penghasilan dari MICE.

“Kalau sekarang untuk ICE (Incentive, Convention, dan Exhibition) nya hilang sementara, sementara meeting juga berkurang dari kapasitas makasimal 3.000 hanya dibatasi 250, maka saya katakana pasti ada pengaruh,” tuturnya.

Tidak hanya restoran dan kafe, serta MICE yang dikurangi kapasitas, aktivitas di mal atau pusat perbelanjaan juga diturunkan kapasitasnya menjadi 50 persen dari kapasitas maksimal.

Pengurangan ini otomatis memengaruhi pada penerimaan pajak Kota Bandung. “Otomatis disaat pengunjung semakin berkurang, potensi peluang pendapatan juga berkurang. Itulah yang sedikit memberikan pengaruh memperlambat pergerakan ekonomi di Bandung,” kata Ema.

Pemkot Bandung menyebut pemulihan ekonomi di Kota Bandung terhambat dengan adanya lonjakan kasus dan PPKM level 3.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News