Ace Hasan Dorong Pemprov Jabar Maksimal Tangani Permasalahan Sampah di Bandung Raya: Jangan Tambal Sulam!

Minggu, 29 Oktober 2023 – 17:30 WIB
Ace Hasan Dorong Pemprov Jabar Maksimal Tangani Permasalahan Sampah di Bandung Raya: Jangan Tambal Sulam! - JPNN.com Jabar
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily saat membagikan 400 paket sembako kepada warga terdampak kebakaran lahan sampah di TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (29/10). Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Tubagus Ace Hasan Syadzily mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat serius dalam menangani permasalahan sampah di Bandung Raya.

Hal ini menyusul peristiwa kebakaran lahan sampah di TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat, beberapa waktu lalu.

Ace menuturkan pemerintah harus membuat solusi yang tepat dan jangka panjang terkait penanganan TPA Sarimukti. Jangan sampai, penanganan sampah kebakaran TPA itu seolah tambal sulam.

“Sebetulnya pengelolaan sampah yang baik dan tepat akan bisa mendatangkan nilai tambah bagi masyarakat. Oleh sebab itu, sampah jangan hanya dilihat sebagai sampah dan barang tak berharga, tetapi bagaimana agar bisa dikelola dengan baik hingga menjadi ‘emas’ dan sumber energi,” ucap pria yang karib disapa Kang Ace itu, Minggu (29/10).

Untuk menjadikan sampah menjadi ‘emas’, kata dia, tergantung bagaimana masyarakat mengolahnya. Sebab saat ini sudah banyak teknologi yang bisa digunakan untuk mengolah sampah dengan baik, modern dan ramah lingkungan.

“Di beberapa tempat di dunia bahkan sampah bisa digunakan menjadi sumber energi listrik. Sampah organik juga kalau diolah, didaur ulang juga bisa jadi pupuk yang menyuburkan,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam kesempatan ini Kang Ace yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Jabar membagikan paket sembako kepada 400 warga terdampak kebakaran TPA Sarimukti.

Pembagian sembako dilakukan Ace bersama sejumlah tokoh dan aparat setempat. Warga yang menerima bantuan itu tampak semringah.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily mendorong Pemprov Jabar serius dalam menangani permasalahan sampah di Bandung Raya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News