Menjelang Pilpres 2024, Polrestabes Bandung Gelar Simulasi Sispamkota 

Rabu, 04 Oktober 2023 – 13:45 WIB
Menjelang Pilpres 2024, Polrestabes Bandung Gelar Simulasi Sispamkota  - JPNN.com Jabar
Jajaran Polrestabes Bandung sedang melakukan Sispamkota dalam rangka Ops Mantap Brata 2024 di Lapangan Tegallega, Kota Bandung, Rabu (4/10). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Polrestabes Bandung menggelar simulasi pengamanan kota menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 14 Februari 2024. 

Sispamkota ini dalam rangka Ops Mantap Brata yang digagas Polri dan berlangsung di Lapangan Tegallega, Kota Bandung. 

"Hari ini jajaran Polrestabes Bandung dibantu dengan seluruh satuan baik dari Kodim, Polda (Jabar), Satpol PP, kami mengadakan latihan Sispamkota yaitu dalam rangka operasi Mantap Brata yang akan dilaksanakan sebentar lagi," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono, Rabu (4/10). 

Simulasi pengamanan diawali dari pelaksanaan kampanye capres-cawapres di lapangan sampai dengan aksi unjuk rasa yang berujung anarkistis.

"Maka dari itu jajaran Polrestabes Bandung melaksanakan simulasi baik dari kegiatan yang masih aman, sampai kegiatan yang paling rawan yaitu anarkis," ujarnya. 

"Di situ kami lakukan latihan-latihan, tahapan-tahapan yang akan dilakukan jajaran, walaupun kami berharap kejadian ini tidak akan ada di Kota Bandung, tetapi kami sebagai aparat kepolisian harus melatih simulasi apabila ada tahapan-tahapan terjadi di Kota Bandung," sambungnya. 

Budi menjelaskan, dalam simulasi ratusan anggota dikerahkan untuk mengamankan penyelenggaraan Pemilu 2024, mulai dari persiapan pemilu, kampanye, pra-pencoblosan, hari pencoblosan, dan pascapencoblosan. 

"Pertama kali seperti biasa kegiatan kampanye yang berlangsung dengan aman, anggota melaksanakan pengamanan dengan biasa dan juga nanti ada kegiatan pelaksanaan unjuk rasa, dan juga situasional apakah dari kegiatan unjuk rasa tersebut mungkin berubah menjadi status kuning," katanya. 

Polrestabes Bandung menggelar kegiatan Sispamkota dalam rangka Ops Mantap Brata menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News