Rp 2,7 Miliar Digelontorkan Pemkot Depok untuk Membangun Trotoar Ramah Disabilitas

Senin, 25 September 2023 – 16:00 WIB
Rp 2,7 Miliar Digelontorkan Pemkot Depok untuk Membangun Trotoar Ramah Disabilitas - JPNN.com Jabar
Potret pembangunan trotoar ramah disabilitas. Foto : Dokumen PUPR Depok

jabar.jpnn.com, DEPOK - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, membangun trotoar yang ramah disabilitas, di Jalan Cinere Raya, Kota Depok.

Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengatakan bahwa trotoar tersebut dibangun dengan ketinggian 15 cm, sehingga memudahkan bagi yang menggunakan kursi roda.

“Kami membangun trotoar dengan melihat dari beberapa aspek. Salah satunya, harus ramah terhadap disabilitas," ucapnya, Senin (25/9).

Selain itu, Citra menyebut jalur trotoar tersebut juga tidak dibuat berundak atau naik turun, serta tidak putus-putus.

Dia menerangkan nantinya trotoar itu akan dilengkapi dengan guiding block atau penunjuk arah bagi penyandang disabilitas.

“Tidak banyak naik turunnya juga. Kami rancang khusus untuk disabilitas. Pembangunan trotoar akan menggunakan pola seperti trotoar di Jalan Margonda. Kemudian, akan dibuat bertekstur agar tidak licin, seperti tekstur kulit jeruk misalnya,” terangnya.

Ke depan, pihaknya juga akan terus melakukan penyempurnaan fasilitas trotoar di Jalan Cinere Raya. Seperti penambahan kursi dan lain-lain.

"Mudah-mudahan trotoar ini bisa dimanfaatkan masyarakat," kata Citra.

Pemkot Depok menggelontorkan anggaran Rp 2,7 miliar untuk pembangunan trotoar ramah disabilitas di Cinere, Kota Depok.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News