Pindad Mulai Cari Lahan Buat Pindahkan Pabrik ke Kawasan Industri Subang

Selasa, 19 September 2023 – 19:00 WIB
Pindad Mulai Cari Lahan Buat Pindahkan Pabrik ke Kawasan Industri Subang - JPNN.com Jabar
Presiden Joko Widodo saat meninjau gudang penyimpanan senjata di PT Pindad, Kota Bandung, Selasa (19/9). Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - PT Pindad merespons wacana Presiden Joko Widodo yang akan memindahkan pabrik senjata dari Kota Bandung, ke kawasan industri di Kabupaten Subang.

Pencarian lahan untuk tempat baru ini, saat ini sedang dalam progres.

Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose mengatakan, lokasi atau tempat baru ini rencananya akan menggunakan lahan dari Kementerian BUMN di Kabupaten Subang.

Peninjauan langsung juga sudah dilakukan oleh PT Pindad.

“Kami masih cari lokassi, ada tanah di Subang dan Kementerian BUMN. Kami sudah deal. Kami juga sudah survei lapangan awal, tapi ada beberapa alternatif, mungkin saja juga di tempat lain. Kami masih survei,” kata Abraham, Selasa (19/9).

Ia menjelaskan, pemindahan ini pada dasarnya akan dilakukan secara bertahap sampai lima tahun ke depan. Sebab, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, seperti lingkungan sekitar dan juga dari segi keamanan.

“Persiapan kami lakukan, karena kalau bicara pindah itu Pindad ada tahapan. Mungkin sekitar 4 sampai 5 tahun ke depan. Apalagi kami industri pertahanan. Buffer zone harus diperhitungkan, karena terkait dengan bahan peledak,” jelasnya.

Kemudian, disinggung mengenai pemindahan pabrik Pindad berbarengan dengan PT Dirgantara Indonesia (DI), Abraham menyebutkan, hal itu masih belum diketahui.

PT Pindad mulai mencari lahan untuk memindahkan pabrik senjatanya di Kota Bandung ke Kawasan Industri Subang, sesuai instruksi Presiden Jokowi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News