Cegah Pencemaran Sungai Cileungsi, Pemkab Bogor Bentuk Posko Pantau Bersama

Selasa, 19 September 2023 – 08:30 WIB
Cegah Pencemaran Sungai Cileungsi, Pemkab Bogor Bentuk Posko Pantau Bersama - JPNN.com Jabar
Potret pencemaran di Sungai Cileungsi: Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersama elemen masyarakat membentuk posko pemantauan bersama untuk memonitor pencemaran di Sungai Cileungsi yang belakangan warnanya menghitam dan mengeluarkan bau tak sedap.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Bambam Setia Aji di Bogor mengungkapkan bahwa pencemaran Sungai Cileungsi merupakan masalah yang harus betul-betul diselesaikan dan menjadi perhatian semua pihak.

Posko pemantauan bersama dibentuk setelah pihaknya bersama Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor beraudiensi dengan Anggota Perkumpulan Cluster Kota Wisata Cibubur dan Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C).

Posko tersebut akan difungsikan untuk mempermudah pemantauan perubahan kualitas air sungai mulai dari warna hingga baunya.

Kemudian juga memantau para pelaku usaha yang diduga melanggar dan membuang air limbah ke Sungai Cileungsi.

"Kita perlu bersama-sama melakukan penanganan masalah lingkungan ini secara kompeherensif dan berkelanjutan," kata Bambam.

Ia menerangkan pemantauan terpadu ini juga melibatkan Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Pencemaran dan kerusakan sub DAS Cleungsi dan sub DAS Cikeas, yang telah dibentuk melalui SK Gubernur Nomor 614/Kep.82-DLH/2020.

“Kami bersama jajaran penegak hukum tidak akan segan menindak tegas oknum masyarakat, pemilik usaha, maupun perusahaan yang membuang air limbah tidak memenuhi baku mutu dan tidak memiliki izin ke sungai," paparnya.

Demi mengurangi pencemaran di Sungai CileungsiPemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mendirikan posko pantau bersama.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News