Bupati Bogor Minta BBWS Turun Tangan Atasi Pencemaran di Sungai Cileungsi

Jumat, 15 September 2023 – 07:30 WIB
Bupati Bogor Minta BBWS Turun Tangan Atasi Pencemaran di Sungai Cileungsi - JPNN.com Jabar
Potret pencemaran di Sungai Cileungsi, Kabupaten Bogor. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Bupati Bogor Iwan Setiawan meminta Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turun tangan mengenai penanganan pencemaran Sungai Cileungsi.

Iwan ingin penanganan masalah pencemaran di Sungai Cileungsi yang terjadi setiap tahun dilakukan secara bersama-sama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dengan BBWS.

"Cileungsi itu sungai di bawah BBWS, saya pelajari. Sekarang kenapa semua dibebankan ke pemda, bareng-bareng dong. Kalau kita membangun apapun di sungai, itu tegas, harus izin BBWS," kata Iwan.

Menurut dia, tim Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor telah menginventarisasi beberapa industri yang terindikasi melakukan pencemaran Sungai Cileungsi baik yang berlokasi di Kecamatan Citeureup, Gunungputri, hingga Kecamatan Cileungsi.

Iwan mengaku sudah mengantongi bukti-bukti industri yang diduga melakukan pencemaran Sungai Cileungsi melalui rekaman video.

"Malam-malam nih staf saya sampai memvideokan ada pabrik-pabrik yang membuang limbah malam hari, saya ada videonya. Jadi bukan harus saya turun, terus menyisir sungai. Sudah tahu semua," ungkap Iwan.

Iwan memaparkan DLH Kabupaten Bogor telah melakukan penyegelan beberapa industri yang terbukti membuang limbah berbahaya ke Sungai Cileungsi. Namun, menurut dia, langkah menyegelan itu bukan solusi yang baik.

Apalagi Pemkab Bogor diamanati pemerintah pusat untuk menjaga iklim investasi. 

Bupati Bogor Iwan Setiawan meminta BBWS di bawah Kementerian PUPR turun tangan mengenai penanganan pencemaran Sungai Cileungsi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News