Lagu ‘Halo-halo Bandung’ Diduga Dijiplak Malaysia, Ema Sumarna: Saya Belum Dengar

Kamis, 14 September 2023 – 13:00 WIB
Lagu ‘Halo-halo Bandung’ Diduga Dijiplak Malaysia, Ema Sumarna: Saya Belum Dengar - JPNN.com Jabar
Plh. Wali Kota Bandung Ema Sumarna. foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Lagu nasional ‘Halo-halo Bandung’ diduga dijiplak oleh Malaysia dengan judul ‘Halo Kuala Lumpur’.

Dalam lagu ‘Halo Kuala Lumpur’ ada kesamaan lirik maupun irama musik yang diunggah oleh kanal Youtube Lagu Kanak TV yang berasal dari Malaysia.

Merespons hal itu, Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, lagu ‘Halo-halo Bandung’ merupakan lagu nasional Indonesia yang diciptakan oleh Ismail Marzuki.

Lagu itupun dinilai memiliki latar belakang sejarah yang berkaitan erat dengan perjuangan warga Kota Bandung.

“Lagu ‘Halo-halo Bandung’ itu yang menciptakan orang Indonesia. Ada peristiwanya tuh, Bandung Lautan Api, kan dari sana yang menginspirasi. Bagaimana kita kembali meraih kemenangan ya,” kata Ema di Bandung, Kamis (14/9).

Meski begitu, Ema mengaku belum mengetahui secara persis adanya dugaan penjiplakan lagu nasional tersebut oleh Malaysia.

Ema juga menyebut kalau dirinya belum sempat mendengarkan secara langsung lirik dan musik dari lagu ‘Halo Kuala Lumpur’ yang memiliki kemiripan dengan ‘Halo-halo Bandung’.

“Nah, saya belum tahu. Saya juga tadi ditanya, jujur saja saya baru tahu dari wartawan. Saya belum dengar, belum tahu. Jadi, saya mohon maaf, saya belum bisa berkomentar,” tuturnya.

Begini respons Pemkot Bandung soal dugaan penjiplakan lagu nasional 'Halo-halo Bandung' menjadi 'Halo Kuala Lumpu' oleh Malaysia.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News