Bandung Darurat Sampah, Pemkot Siapkan TPS Sementara di Gedebage

Jumat, 08 September 2023 – 18:00 WIB
Bandung Darurat Sampah, Pemkot Siapkan TPS Sementara di Gedebage - JPNN.com Jabar
Petugas sedang membersihkan rumput-rumput di lahan yang akan dipakai sebagai TPS sementara di Gedebage, Kota Bandung, Jumat (8/9). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berupaya megakselerasi operasional TPS Darurat di Gedebage sebagai tempat pembuangan sampah sementara.

Lokasi tersebut merupakan lahan yang sebelumnya sempat direncanakan menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

“Kami siapkan lahan 2 hektar di Gedebage untuk TPS Darurat Sementara. Ini hanya untuk penimbunan sementara, setelah ritasi normal kami kirimkan kembali ke Sarimukti,” kata Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna, Jumat (8/9).

Ema menjelaskan, TPS Darurat Gedebage dapat menampung 30.000 meter kubik atau 10.000 ton sampah.

Skemanya, sampah tidak akan dikubur seperti yang dilakukan di TPS sementara Tegalega, tetapi dibuang seperti biasa.

Nantinya, sampah yang dibuang ke Gedebage akan diberikan cairan ecoenzyme untuk mempercepat kompos dan mengurangi bau tak sedap.

Selain Gedebage, Pemkot Bandung juga sudah membuat TPS Sementara yang berlokasi di Tegalega dan Cibiru.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Dudi Prayudi menyebut TPS Darurat Gedebage saat ini sedang dalam persiapan pembuatan akses jalan.

Pemkot Bandung menyiapkan TPS darurat di Gedebage, menyusul berkurangnya kuota pembuangan sampah ke TPA Darurat Sarimukti.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News