Bangunan Heritage RPH Ciroyom Bandung Terancam Dibongkar Imbas Proyek Flyover Ciroyom

Kamis, 07 September 2023 – 19:40 WIB
Bangunan Heritage RPH Ciroyom Bandung Terancam Dibongkar Imbas Proyek Flyover Ciroyom - JPNN.com Jabar
Rumah Potong Hewan (RPH) Ciroyom yang berada satu kawasan dengan kantor Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung. Foto: Nur Fdhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Ketua Bandung Heritage Aji Bimarsono menyesalkan bangunan cagar budaya Rumah Potong Hewan (RPH) Ciryon yang terancam dibongkar imbas proyek pembangunan jembatan layang (flyover) Ciroyom.

Flyover ini dibangun untuk mempermudah akses penunjang menuju Stasiun Padalarang yang menjadi titik Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB).

“Kami kaget karena tiba-tiba ada rencana pembangunan flyover dari arah Jalan Ciroyom nyebrang ke arah Jalan Arjuna yang berimbas terpotongnya bagian depan RPH Ciroyom,” kata Aji dalam keterangannya, Kamis (7/9).

Menurutnya, sebelum ada pembongkaran harus ada informasi yang lebih transparan dari pemerintah ihwal kawasan mana saja yang akan tergerus dengan pembangunan akses penunjang KCJB, terlebih ini merupakan proyek strategis nasional.

“Jika ada proyek strategis apalagi yang bersifat nasional kan harusnya didiskusikan terlebih dahulu untuk mendapatkan solusi terbaik. Meski ini adalah pembangunan strategis, tapi di Kota Bandung juga ada yang strategis yakni kelestarian cagar budaya,” ujarnya.

Aji menjelaskan, jika berbicara mengenai bangunan cagar budaya, semua pihak seharusnya tidak hanya melihat dari fisik bangunannya saja, namun lengkap dengan lingkungan pendukung yang ada di sekitarnya.

“Seperti RPH Ciroyom ini dibangun oleh pemerintah Belanda berdekatan dengan jalan kereta dan lapangan terbang. Hal ini tentu ada tujuannya, contohnya untuk memudahkan pengiriman dan pendistribusian hewan ternak,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya mendesak pemerintah untuk meninjau kembali proyek dari flyover Ciroyom ini, termasuk perizinannya.

RPH Ciroyom yang merupakan bangunan cagar budaya terancam dibongkar imbas pembangunan fly over Ciroyom.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News