Sukses Mengangkat Perekonomian Kampung Perca, IBI Kesatuan Bogor Dapat Hibah PKM Kemendikbudristek 2023

Kamis, 07 September 2023 – 12:45 WIB
Sukses Mengangkat Perekonomian Kampung Perca, IBI Kesatuan Bogor Dapat Hibah PKM Kemendikbudristek 2023 - JPNN.com Jabar
Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kesatuan Bogor mendapatkan dana hibah PKM dari Kemendikbudristek di 2023. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Kesatuan Bogor mendapatkan dana hibah penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Kemendikbudristek di 2023.

Dana hibah itu diberikan karena IBI Kesatuan Bogor memiliki program yang mengusung tema "Optimalisasi Pengembangan Kampung Perca Kota Bogor Melalui Perbaikan Sistem Tata Kelola, Peningkatan Sumber Daya dan Pemanfaatan Teknologi".

Program itu diketuai Dr Sutarti dari Prodi S1 Akuntansi dan melibatkan tim multidisiplin yang terdiri dari Ani Mekaniwati dari Prodi S1 Biokewirausahaan dan Nani Cahyani dari S1 Manajemen, serta melibatkan satu Mahasiswa S1 Akuntansi, dua Mahasiswa S1 Sistem Informasi dan satu Mahasiswa S1 Teknologi Informasi.

Dr Sutarti menjelaskan mitra sasaran dari program ini adalah Kampung Perca, yang mana ini merupakan kampung tematik yang memproduksi berbagai pakaian, aksesoris dan barang kerajinan dari kain perca, di Kelurahan Sindangsari Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

"Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapkan adanya peningkatan keahlian Ibu-Ibu anggota Kampung Perca khususnya dalam keterampilan menjahit melalui kursus menjahit yang telah difasilitasi oleh tim IBI Kesatuan Bogor," katanya.

Selain itu, tim pengusul berharap pembina dan pengurus Kampung Perca memiliki pemahaman yang baik akan pentingnya pelaksanaan tata kelola, kemampuan penggunaan software dalam penyusunan laporan keuangan.

"Kami berharap adanya peningkatan omzet penjualan melalui pembuatan web dan pengembangan media sosial yang telah dilakukan oleh tim Pengabdian IBI Kesatuan Bogor," ujarnya.

Adapun, salah satu rangkaian kegiatan adalah mengadakan pelatihan tata kelola, peningkatan sumber daya dan pemanfaatan teknologi diselingi dengan kegiatan serah terima barang operasional berupa mesin jahit, etalase kaca, kontainer box besar, setrika, dan dispenser.

IBI Kesatuan Bogor mendapatkan dana hibah penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Kemendikbudristek di 2023.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News