Exit Tol Gedebage KM 149 Bandung Dibuka, Ema Sumarna Khawatirkan Kemacetan Pindah ke Selatan

Minggu, 20 Agustus 2023 – 16:00 WIB
Exit Tol Gedebage KM 149 Bandung Dibuka, Ema Sumarna Khawatirkan Kemacetan Pindah ke Selatan - JPNN.com Jabar
KM 149 exit Tol Gedebage di Kota Bandung. Foto: Diskominfo Kota Bandung

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyambut baik pengoperasian sementara akses masuk dan keluar KM 149 Ruas Tol Padaleunyi atau exit Tol Gedebage yang dimulai pada Sabtu (19/8).

Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan pihaknya mengapresiasi pembukaan sementara exi Tol Gedebage tersebut.

Namun, ia lebih menyoroti terkait dengan optimalisasi jalur Gedebage Selatan.

Menurutnya, jalur Gedebage Selatan yang belum menyambung ke Jalan Soekarno-Hatta ini dikhawatirkan akan menimbulkan kemacetan.

“Kalau sekarang sudah dibuka, kami harus kerja keras supaya tidak terjadi arus pemindahan kemacetan. Sebab menurut saya, Gedebage Selatan itu belum ideal kalau untuk menampung volume kendaraan yang banyak,” kata Ema di Bandung, Minggu (20/8).

Adapun pembangunan jalur Gedebage Selatan merupakan ranah Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Untuk itu, Ema berharap jalur tersebut bisa segera dibangun dan diselesaikan.

“Saya pikir kami tinggal optimalkan dulu yang ke Gedebage Selatan karena belum tersambung dengan Jalan Soekarno Hatta. Itu yang sebetulnya menjadi harapan saya untuk segera diselesaikan,” jelasnya.

“Kami juga pernah bersurat untuk segera ditindaklanjuti. Namun, di sana memang ada ranah kewenangan provinsi. Ada lahan yang memang harus dibebaskan,” lanjutnya.

Plh Walkot Bandung Ema Sumarna khawatirkan terjadi penumpukan kendaraan di Gedebage Selatan saat pengoperasian sementara KM 148 Exit Tol Gedebage.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News