Beautiful, Hamparan Kapuk Tebal Selimuti Kebun Raya Bogor

Jumat, 18 Agustus 2023 – 16:00 WIB
Beautiful, Hamparan Kapuk Tebal Selimuti Kebun Raya Bogor - JPNN.com Jabar
Sejumlah pengunjung saat menikmati hamparan kapuk tebal bak musim salju di Kebun Raya Bogor. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Suasana berbeda dan tidak biasa terjadi di Kebun Raya Bogor (KRB). Pasalnya di beberapa spot ikonis di KRB saat ini tengah diselimuti kapuk.

Hal itu membuat kondisi KRB saat ini bak berada di luar negeri yang sedang dilanda musim salju, lantaran kapuk yang berjatuhan hampir menutupi sempurna tanah dan rumput di sana.

General Manager Corporate Communication & Security PT Mitra Natura Raya (MNR) Kebun Raya Bogor, Zaenal Arifin mengatakan fenomena salju kapuk di Kebun Raya Bogor sudah berlangsung sejak tiga hari lalu.

"Fenomena ini sudah terjadi sekitar tiga hari ke belakang. Karena peristiwa ini, KRB seperti sedang berada di musim salju," kata Zaenal kepada JPNN.com pada Jumat (18/8).

Menurut Zaenal, peristiwa salju kapuk di Kebun Raya Bogor merupakan peristiwa tahunan yang kerap terjadi. Terlebih di momen-momen musim kemarau seperti saat ini.

"Cenderung seperti itu. Dan kebetulan salju kapuk ini hanya terjadi di kawasan Capellen Avenue di sebelah resto, karena kebetulan di sana ada Pohon Kapuk," ujarnya.

Zaenal menjelaskan kapuk-kapuk tersebut berasal dari Pohon Kapuk (Kapok Tree) Ceiba pentandra (L.) Gaertn (Malvaceae).

Di Indonesia pohon kapuk ini banyak tumbuh di pesisir utara Jawa Tengah dan Jawa Timur pada ketinggian 300 mdpl. Dengan curah hujan tahunan 1500-3000 mm.

Hamparan kapuk tebal bak musim salju, selimuti Kebun Raya Bogor. Begini penjelasan lengkap pihak manajemen.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News