Polresta Bogor Kota Resmikan Lintasan Baru Uji Praktik SIM, Lebih Mudah dan Simpel

Senin, 07 Agustus 2023 – 20:00 WIB
Polresta Bogor Kota Resmikan Lintasan Baru Uji Praktik SIM, Lebih Mudah dan Simpel - JPNN.com Jabar
Salah satu warga saat mengikuti ujian praktik pembuatan SIM dengan lintasan baru, di Polresta Bogor Kota. Foto: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Satlantas Polresta Bogor Kota meluncurkan lintasan baru uji praktik surat izin mengemudi (SIM), dengan empat poin perbaikan yang memperluas maupun memperpanjang lintasan serta menghilangkan belokan angka 8 untuk mempermudah peserta.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Bismo Teguh Prakoso saat peluncuran di Makopolresta Kedung Halang, Senin (7/8) menyampaikan sesuai dengan arahan Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo, rute lintasan uji praktik SIM diperbarui sesuai dengan keluhan dan masukan dari masyarakat dan saran dari para ahli yang sudah dipraktikkan di Jepang dan Singapura.

"Perubahan dan perbaikan lintasan untuk Polresta Bogor Kota sudah dilaksanakan dan mulai hari ini sudah berlaku," ujar Kombes Bismo.

Kombes Bismo menerangkan empat poin perubahan yang dilakukan Satlantas Polresta Bogor Kota ialah menyatukan lintasan tes praktek yang semula terpisah, menghilangkan rute zig-zag, rute yang semula huruf 8 menjadi huruf S. Kemudian untuk lebar lintasan yang semula dua kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan.

Dalam pelaksanaan praktik, kata dia, bagi peserta yang belum berhasil lolos uji praktik dapat mengulangi, kemudian di siang hari diberi kesempatan untuk latihan dari pukul 14.00 WB hingga pukul 16.00 WIB menggunakan lintasan baru ini. Latihan gratis ini meliputi uji teori dan uji praktek secara gratis.

Kemudian, saat berlangsung uji praktik masyarakat dipersilakan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan yang disediakan di lokasi uji.

Satlantas juga memberi akses secara gratis soal-soal tes uji teori pembuatan atau perpanjangan SIM pada aplikasi TRUST. Dengan layanan ini masyarakat bisa berlatih terlebih dahulu sebelum melaksanakan uji.

Kombes Bismo menyatakan tidak ada pembatasan jumlah masyarakat yang ingin mencoba berlatih soal maupun uji praktik melintasi rute baru pembuatan SIM. Lokasi pengurusan SIM yang berada di Makopolresta Kedung Halang dapat diakses masyarakat setiap hari kerja.

Satlantas Polresta Bogor Kota luncurkan lintasan baru uji praktik surat izin mengemudi. Berikut lima perbedaan lintasan uji praktik SIM dahulu dan sekarang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News