SAPUHI Siap Berkolaborasi Dengan Pemerintah Demi Meningkatkan Pelayanan Jemaah Haji dan Umrah

Rabu, 26 Juli 2023 – 16:00 WIB
SAPUHI Siap Berkolaborasi Dengan Pemerintah Demi Meningkatkan Pelayanan Jemaah Haji dan Umrah - JPNN.com Jabar
Kegiatan Munas II SAPUHI. Foto : Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pelaku jasa perjalanan ibadah umrah dan haji di Indonesia yang tergabung dalam Serikat Penyelenggara Umrah Haji Indonesia (SAPUHI) siap berkolaborasi dengan pemerintah dengan berencana membentuk Tim Haji dan Tim Umrah Indonesia.

Hal tersebut dilakukan demi mencegah masalah yang kerap terjadi serta untuk menghadirkan pelayanan lebih baik bagi para jemaah.

Diketahui, Indonesia memiliki kuota haji dari Pemerintah Arab Saudi sebesar 229.000 orang pada 2023.

Angka tersebut lebih tinggi dari semula hanya 221.000 orang, terdiri dari 203.320 kuota jemaah haji reguler dan 17.680 kuota jemaah haji khusus.

Selain itu, minat masyarakat melaksanakan ibadah umrah juga terus meningkat seiring kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang membuka pintu seluas-luasnya untuk para jemaah khususnya dari Indonesia.

Wakil Menteri Agama, Saiful Rahmat Dasuki mengatakan pemerintah terus melakukan evaluasi dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umrah demi pelayanan yang lebih optimal bagi para jemaah.

Menurutnya masih banyak tantangan yang harus dihadapi khususnya dalam haji, mulai dari daftar tunggu haji yang rata-rata lebih dari 20 tahun, banyaknya jumlah jemaah lansia, dan lainnya.

Dirinya mengusulkan perlu adanya tim khusus yang menangani haji dan umrah demi memberikan pelayanan terbaik bagi para jemaah.

SAPUHI siap berkolaborasi dengan pemerintah dengan berencana membentuk Tim Haji dan Tim Umrah Indonesia.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News