Pembangunan Proyek Bumi Ageung Pakuan Pajajaran Dimulai

Senin, 24 Juli 2023 – 12:30 WIB
Pembangunan Proyek Bumi Ageung Pakuan Pajajaran Dimulai - JPNN.com Jabar
Masyarakat peduli Bumi Ageung Pakuan Pajajaran menggelar Sasadu Buhun di Bumi Ageung Batutulis, sebagai tanda dimulainya proses pembangunan dan penataan kawasan Batutulis, Kota Bogor: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Masyarakat peduli Bumi Ageung Pakuan Pajajaran menggelar Sasadu Buhun di Bumi Ageung Batutulis, Kelurahan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan.

Sasadu Buhun ini menjadi pertanda dibangunnya Bumi Ageung Batutulis yang sempat tertunda.

Sekadar diketahui, akan dimulainya pembangunan Bumi Ageung Batutulis ini lantaran adanya musyawarah dan mufakat antara Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dan budayawan.

"Pemkot Bogor akhirnya menerima masukan dan keinginan dari para kesepuhan dan masyarakat terkait pembangunan Bumi Ageung Batutulis ini," ucap Ketua Masyarakat Peduli Bumi Ageung Pakuan Pajajaran, Putra Sungkawa.

Dirinya mengungkapkan masukan dari kasepuhan, budayawan dan masyarakat merupakan bentuk bangunan Bumi Ageung sesuai dengan ciri kebudayaan dan kearifan lokal  yang mencirikan jati diri Sunda dan maruah Kesundaan.

"Alhamdulillah Pemkot Bogor bijaksana menerima masukan-masukan dari kami," tuturnya.

Nantinya, Bumi Ageung Batutulis ini akan menjadi tempat peninggalan orang tua terdahulu. Di mana di dalamnya memiliki ruang-ruang seperti balai pustaka, balai waditra, balai alat musik, balai atik dan menjadi tempat berkesenian dan berkebudayaan.

"Nantinya, setiap bangunannya berbentuk rumah adat sunda, fungsi dan penggunaannya ada leuit, jadi saat kami masuk ke area ini terlihat museum banget," ungkapnya.

Masyarakat peduli Bumi Ageung Pakuan Pajajaran menggelar Sasadu Buhun karena akan dimulainya pembangunan Bumi Ageung Batutulis.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News