Dinkes Garut Periksa Kesehatan Warga yang Terdampak Kepulan Asap Kebakaran TPA Pasir Bajing

Senin, 24 Juli 2023 – 09:30 WIB
Dinkes Garut Periksa Kesehatan Warga yang Terdampak Kepulan Asap Kebakaran TPA Pasir Bajing - JPNN.com Jabar
Petugas kesehatan memeriksa warga yang terdampak kepulan asap dari kebakaran sampah TPA Pasir Bajing, Kabupaten Garut, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Dinkes Garut)

jabar.jpnn.com, GARUT - Dinkes Kabupaten Garut menerjunkan tim medis untuk memeriksa langsung kondisi kesehatan warga yang terdampak kepulan asap kebakaran sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pasir Bajing di Kecamatan Banyuresmi agar cepat diatasi apabila mengalami gangguan kesehatan.

"Total pasien terdampak yang diperiksa 38 orang, pasien dewasa 30, pasien anak 8," kata Kepala Dinkes Kabupaten Garut Leli Yuliani.

Leli menuturkan tim medis yang diterjunkan melakukan pemeriksaan warga secara intensif, seperti kondisi pernapasan dan mata yang riskan terdampak langsung kepulan asap dari kebakaran TPA Pasir Bajing itu.

Hasil pemeriksaan selama dua hari itu, kata dia, ditemukan keluhan batuk, pusing, dan sesak sebanyak 13 orang, kemudian keluhan lain sebanyak 24 orang, dan satu orang dengan riwayat penyakit TB langsung mendapatkan perawatan medis di puskesmas setempat.

"Satu orang dirujuk ke puskesmas faskes terdekat," katanya.

Ia menyampaikan kepulan asap dari kebakaran sampah di TPA Pasir Bajing itu cukup berbahaya bagi kesehatan masyarakat, seperti gangguan saluran pernapasan karena menghirup udara yang tidak baik, dan juga bisa menyebabkan iritasi mata.

Selama masih ada asap dari kebakaran sampah di TPA itu, kata Leli, sebaiknya masyarakat selalu memakai masker, dan yang menderita gangguan kesehatan untuk segera memeriksakan diri ke dokter atau puskesmas setempat.

"Disarankan untuk memakai masker dan yang sudah mengalami gangguan kesehatan harus melaksanakan saran dokter yang sudah melakukan pemeriksaan, dan apabila sakit berlanjut untuk menghubungi puskesmas setempat," katanya.

Dinkes Kabupaten Garut menerjunkan tim medis untuk memeriksa langsung kondisi kesehatan warga yang terdampak kepulan asap kebakaran sampah TPA Pasir Bajing
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News