Disperkimtan Bekasi Targetkan Pembangunan 2.500 Rutilahu Selesai di November 2023

Rabu, 12 Juli 2023 – 18:30 WIB
Disperkimtan Bekasi Targetkan Pembangunan 2.500 Rutilahu Selesai di November 2023 - JPNN.com Jabar
Ilustrasi rumah tidak layak huni (RTLH). Foto: ANTARA/Nirkomala

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bekasi menargetkan pembangunan 2.500 unit rumah tidak layak huni atau Rutilahu dapat terselesaikan pada November 2023.

"Jadi, dari total 2.500 titik sekarang sudah selesai kurang lebih 186 unit. Kami targetkan sampai November tahun ini bisa selesai 100 persen, kata Kepala Disperkimtan Kabupaten Bekasi Nur Chaidir.

Dia mengatakan pembangunan Rutilahu yang menjadi program tahunan pemerintah daerah untuk mengatasi persoalan kemiskinan dikerjakan secara masif dengan melibatkan segenap unsur terkait.

Pekerjaan perbaikan rumah warga ini langsung dikebut usai menuntaskan tahapan verifikasi faktual kepada calon penerima manfaat program dikuatkan melalui Surat Keputusan Bupati Bekasi yang dikeluarkan setelah Idul Fitri kemarin.

Berdasarkan hasil pemantauan terkini, pekerjaan lanjutan terus berjalan dengan progres mencapai 50-70 persen. Sebanyak 2.500 unit rumah di total 180 desa yang tersebar seluruh kecamatan se-Kabupaten Bekasi menjadi sasaran program ini.

Dia menjelaskan program perbaikan rumah ini merupakan bagian penting dari upaya pengentasan kemiskinan sekaligus penurunan prevalensi angka stunting di Kabupaten Bekasi melalui renovasi rumah agar layak huni.

"Jadi sebetulnya program pengentasan kemiskinan ini dilakukan secara keroyokan oleh sejumlah perangkat daerah terkait dan intervensi yang kami lakukan dari segi sarana prasarana tempat tinggal," ucapnya.

Chaidir mengungkapkan salah satu indikator kemiskinan adalah kondisi hunian tidak layak dan mengacu data Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, tercatat ada 3.961 jiwa kategori miskin yang selanjutnya dijadikan sasaran program Rutilahu tersebut.

Disperkimtan Kabupaten Bekasi menargetkan pembangunan 2.500 unit rumah tidak layak huni atau Rutilahu dapat terselesaikan pada November 2023.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News