8 Wilayah Jabar Berstatus Endemis Antraks, Bogor Salah Satunya

Minggu, 09 Juli 2023 – 21:00 WIB
8 Wilayah Jabar Berstatus Endemis Antraks, Bogor Salah Satunya - JPNN.com Jabar
Ilustrasi - Hewan kurban. Foto: Ricardo/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat mengeluarkan surat edaran (SE) kewaspadaan penyakit antraks pada hewan.

Hal ini sebagai respons antisipatif pascaditemukannya kasus antraks di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) DKPP Jabar, Supriyanto mengatakan surat edaran itu telah dikirim ke seluruh kabupaten maupun kota di wilayahnya sejak Jumat (7/7) lalu.

“Tertanggal kemarin, kami sudah mengeluarkan SE ke kabupaten kota untuk dilakukan peningkatan kewaspadaan,” katanya, Minggu (9/7).

Supriyanto mengungkapkan di Jawa Barat ada delapan wilayah yang diwaspadai karena berstatus endemis antraks.

“Jadi, ini akan diwaspadai juga oleh kabupaten kota, terutama di 8 wilayah endemis di wilayah Jabar, seperti salah satunya Bogor, Purwakarta, Subang dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, DKPP meminta masyarakat maupun para peternak sapi, kambing dan domba untuk segera melapor jika menemukan ciri-ciri antraks pada hewan ternaknya.

“Sekecil apapun laporannya di sana untuk dilaporkan kepada kami (DKPP Jabar),” ucapnya.

DKPP Jabar mengeluarkan surat edaran kewaspadaan penyakit antraks pada hewan. Delapan wilayah diwaspadai berstatus endemis antraks.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News