PKJB 2023 Momentum Kebangkitan Industri Kreatif Jawa Barat

Rabu, 05 Juli 2023 – 19:20 WIB
PKJB 2023 Momentum Kebangkitan Industri Kreatif Jawa Barat - JPNN.com Jabar
Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat kembali menggelar event Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2023 di areal Gedung Sate, Bandung, 7-9 Juli.

Kadisperindag Jawa Barat Noneng Komara Nengsih mengatakan, PKJB tahun ini akan berbeda dengan gelaran sebelumnya yang digelar saat Covid-19. Kali ini acara akan bersifat terbuka untuk umum dan menghadirkan para pelaku kriya dari 27 kabupaten/kota.

“Ada sekitar 103 pelaku usaha kriya atau kerajinan yang akan ikut berpameran, mereka ini perwakilan dari 27 kabupaten/kota yang sudah dikurasi sebelumnya,” kata Noneng dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Rabu (5/7).

PKJB 2023 diharapkan akan menjadi kebangkitan usaha para pelaku kriya. Pasalnya, selama Covid-19 sektor kreatif ini paling terdampak secara bisnis.

“Pengrajin ini kena dampak, dibanding pelaku usaha kreatif seperti makanan dan fashion, kriya sangat terganggu,” tuturnya.

Noneng berharap, PKJB 2023 yang digelar berkolaborasi dengan event Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) Bank Indonesia bisa menjadi momentum mengembalikan semangat dan gairah para pelaku kriya.

“Tahun ini pertama kali acaranya gebyar lagi, sebelumnya di hotel jadi pengunjung sangat terbatas,” katanya.

Misi Dekranasda Jabar sendiri dalam acara ini agar para pengrajin lokal ini bisa menunjukan kualitas karya berstandar internasional. Oleh karena itu, momentum PKJB akan mempertemukan pelaku usaha dan buyer secara langsung.

PKJB 2023 diharapkan akan menjadi kebangkitan usaha para pelaku kriya. Pasalnya, selama Covid-19 sektor kreatif ini paling terdampak secara bisnis.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News