Ramai Temuan Cacing Hati pada Sapi, Dedie A Rachim Sidak ke Pasar Bogor

Rabu, 05 Juli 2023 – 18:30 WIB
Ramai Temuan Cacing Hati pada Sapi, Dedie A Rachim Sidak ke Pasar Bogor - JPNN.com Jabar
Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim saat melakukan sidak ke Pasar Bogor. Foto: Dok Pemkot Bogor.

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Merespons temuan cacing hati dalam pelaksanaan kurban pada Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Bogor, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah.

Dedie menemui dan berinteraksi dengan beberapa pedagang daging sapi untuk menanyakan cacing hati yang ditemukan saat kurban.

"Saat Iduladha kemarin, DKPP bersama IPB dan Polbangtan melakukan sampling pemeriksaan hati dan daging. Dari kurang lebih 8.000 sampel, ada 7.738 yang berhasil kami uji laboratorium. Ditemukan kurang lebih 17 sapi yang ternyata terdapat ada cacing hati," ucapnya, Rabu (5/7).

Dari temuan tersebut, dinas melakukan penelusuran dan ternyata sapi-sapi tersebut berasal dari luar Kota Bogor.

Meskipun begitu, Dedie meminta kepada para pedagang dan pembeli agar lebih berhati-hati dan lebih teliti.

"Harus lebih teliti lagi saat membeli daging sapi, khususnya jeroan dan hati. Cara memasaknya juga harus betul-betul aman dan matang sehingga layak dikonsumsi," ujarnya.

Atas hal itu, Dedie dan DKPP Kota Bogor serta Perumda Pasar Pakuan Jaya melakukan peninjauan langsung ke Pasar Bogor untuk mengecek sumber daging sapi yang dijual para pedagang.

Namun, mayoritas pedagang di sana, daging sapi yang dijual untuk konsumsi rutin sebagian besar berasal dari rumah potong hewan yang ada di Kota Bogor.

Respons temuan Cacing Hati pada Sapi saat Iduladha, membuat Dedie Rachim langsung lakukan sidak ke Pasar Bogor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News