BNPB-Pemkab Sukabumi Finalisasi Dokumen Rencana Penanganan Kontingensi Gempa dan Tsunami

Selasa, 04 Juli 2023 – 22:30 WIB
BNPB-Pemkab Sukabumi Finalisasi Dokumen Rencana Penanganan Kontingensi Gempa dan Tsunami - JPNN.com Jabar
Ilustrasi gempa bumi. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Direktorat Kesiapsiagaan Deputi Bidang Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Pemerintah Kabupaten Sukabumi melakukan finalisasi draft dokumen rencana kontingensi bencana gempa bumi dan tsunami Kabupaten Sukabumi.

"Finalisasi ini untuk menyiapkan Pemkab Sukabumi khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta instansi terkait merespons keadaan darurat serta potensi dampak yang dapat ditimbulkan akibat bencana gempa bumi serta tsunami," kata perwakilan dari Direktorat Kesiapsiagaan BNPB, Indah Fitrianasari, Selasa (4/7).

Menurut Indah, kegiatan ini bertujuan agar pejabat yang memiliki kewenangan untuk mengambil keputusan di lembaganya serta berperan aktif dalam kedaruratan bencana dan telah mengikuti penyusunan draft nol yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Pertemuan yang digelar di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi ini juga untuk sinkronisasi keputusan sehingga bisa menghasilkan dokumen yang bersinergi.

Dokumen ini pun merupakan komitmen bersama yang harus dilaksanakan oleh para pemangku kebijakan.

Kegiatan tersebut juga merupakan salah satu bentuk dukungan BNPB terhadap pemerintah daerah khususnya Pemkab Sukabumi untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami.

Di tempat yang sama, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi, Wawan Godawan Saputra menambahkan keberadaan dokumen ini sangat penting, apalagi seperti diketahui kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa dan Bali ini memiliki potensi terjadinya bencana seperti gempa bumi, tsunami dan pergerakan tanah.

Potensi tersebut tentunya menjadi perhatian Pemkab Sukabumi, maka dari itu perlu adanya rencana kontinjensi sebagai pedoman dalam penanganan darurat bencana.

BNPB bersama Pemkab Sukabumi finalisasi draft dokumen rencana kontingensi bencana gempa bumi dan tsunami di Kabupaten Sukabumi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News